Reporter: Vina Elvira | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menutup bulan Mei 2022, pasar otomotif nasional catatkan raihan penjualan ritel sekitar 381.00 unit, atau naik 18,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 322.000 unit.
Sedangkan pada sisi penjualan brand, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tetap mempertahankan posisi nomor dua penjualan otomotif nasional, dengan raihan penjualan ritel hingga Mei 2022 sebanyak 73.711 unit, atau atau lebih tinggi 34,7% year to date (ytd) Mei 2021.
Mengutip keterangan resmi perusahaan pada Kamis (9/6), Daihatsu juga mencatatkan kenaikan pangsa pasar sebesar 2,3%, dari semula 17% di Mei 2021 menjadi 19,3% pada Mei tahun ini.
Baca Juga: Aturan Pembelian Pertalite Tunggu Restu Jokowi
"Sehingga kenaikan persentase Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional," ungkap Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso dalam keterangannya.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 18.069 unit, atau berkontribusi 24,5%, disusul Gran Max PU (pick up) sebanyak 16.954 unit (23,0%), dan Xenia dengan raihan 9.910 unit (13,4%).
"Semoga capaian baik ini, serta penurunan Covid-19 di Indonesia dapat kembali menggairahkan pasar otomotif nasional," pungkas dia.
Baca Juga: Grup Astra Mulai Bertransisi dengan Ekspansi ke Bisnis Hijau
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News