Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia resmi menutup posko Natal dan Tahun Baru 2023/24, yang berlangsung selama 18 hari dari 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.
Selama periode Nataru, KAI melayani total 3.505.787 pelanggan kereta api, dengan rata-rata 194.766 pelanggan per hari. Jumlah ini meningkat 27% dibanding periode Nataru 2022/23, di mana KAI melayani 2.751.598 pelanggan.
Kenaikan tersebut dipengaruhi oleh peningkatan jumlah perjalanan kereta api selama periode Nataru 2023/24. KAI mengelola total 6.522 perjalanan kereta api Jarak Jauh dan Lokal, dengan rata-rata 362 perjalanan kereta per hari, naik 21% dibanding periode Nataru 2022/23 yang mencatat 5.379 perjalanan kereta atau rata-rata 299 perjalanan kereta per hari.
Baca Juga: Pasca Kecelakaan Kereta, Percepat Jalur Ganda Bandung-Cicalengka
Rincian volume pelanggan Angkutan Nataru 2023/24 meliputi 2.889.523 penumpang kereta api Jarak Jauh (terdiri dari 2.307.725 kereta api Jarak Jauh komersial dan 581.798 kereta api Jarak Jauh PSO) serta 616.264 penumpang kereta api Lokal yang dikelola KAI (terdiri dari 259.799 kereta api Lokal Komersial dan 356.465 kereta api Lokal PSO).
Untuk kereta api Jarak Jauh komersial, terdapat 783.239 penumpang Kereta Eksekutif, 147.621 penumpang Kereta Bisnis, 1.366.670 penumpang Kereta Ekonomi, 8.739 penumpang Kereta Luxury, dan 1.456 penumpang Kereta Kompartemen.
Beberapa kereta kelas Eksekutif yang menjadi favorit masyarakat pada periode Nataru ini adalah KA Ranggajati (Cirebon – Jember pp), KA Wijayakusuma (Cilacap – Ketapang pp), KA Pandalungan (Gambir – Jember pp), dan lainnya.
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, menyatakan adanya musibah di Cicalengka Kab. Bandung sebagai evaluasi bersama untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api di masa mendatang. Didiek juga menyebutkan bahwa tingkat ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan kereta api mencapai 99,3%, sementara kedatangan kereta api mencapai 98,2%. Hal ini menjadi faktor utama dalam pemilihan moda transportasi kereta api oleh masyarakat.
Baca Juga: Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka, 4 Petugas KA Meninggal, 37 Penumpang Luka Ringan
Puncak volume pelanggan pada periode Nataru 2023/24 terjadi pada Sabtu, 23 Desember 2023, dengan 233.554 pelanggan. Puncak kedua terjadi pada Senin, 1 Januari 2024, dengan 229.721 pelanggan. Stasiun-stasiun terpadat selama Nataru ini mencakup Stasiun Pasarsenen, Gambir, Yogyakarta, Bandung, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan lainnya.
Dalam hal penjualan tiket, KAI mencatat transaksi penjualan tiket kereta api Jarak Jauh dan Lokal pada Angkutan Nataru 2023/24 didominasi oleh Access by KAI sebesar 65%, sementara channel eksternal mencapai 27%.
Selain melayani penumpang domestik, KAI juga mencatat penumpang warga negara asing (WNA) selama periode Nataru 2023/24 sebanyak 22.162 penumpang. KA favorit WNA pada periode tersebut meliputi KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), KA Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp), KA Taksaka (Gambir – Yogyakarta pp), dan lainnya. Penumpang WNA berasal dari Belanda, Jerman, Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, dan China.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News