kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peran e-commerce enabler di balik strategi penjualan Omni-Channel Eigerindo


Jumat, 13 Maret 2020 / 22:23 WIB
Peran e-commerce enabler di balik strategi penjualan Omni-Channel Eigerindo


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di era digital, setiap brand perlu mempersiapkan strategi terbaik demi menggaet hati konsumen melalui kanal digital. Pasalnya, dari jumlah pengguna internet yang mencapai 150 juta di Indonesia, 90% di antaranya mengaku pernah mengunjungi toko online.

Data We Are Social juga menunjukkan, 76% responden Indonesia pernah berbelanja online lewat ponsel, serta 37% melakukannya lewat komputer atau laptop.

Perubahan perilaku berbelanja ini turut mendukung munculnya potensi-potensi baru di pasar digital. Salah satu e-commerce enabler terkemuka di Indonesia, SIRCLO, baru-baru ini merilis laporan berjudul “Navigating Market Opportunities in Indonesia’s E-Commerce”.

Baca Juga: Transaksi E-commerce Melorot, Ini Penyebabnya

Dalam laporan tersebut, diprediksi bahwa transaksi pembelian online yang tadinya hanya menyumbang 8% dari penjualan total pada tahun 2018, diperkirakan akan meningkat sampai sebesar 24% di tahun 2023.

Namun, untuk mengambil bagian dari pertumbuhan pesat tersebut, setiap brand harus memiliki presensi online dan jalur distribusi yang baik demi memenuhi permintaan konsumen.

Eigerindo, salah satu brand outdoor apparel terkemuka di Indonesia yang dikelola oleh PT Eigerindo Multi Product Industry (MPI), adalah satu dari sekian banyak yang menyadari tantangan baru ini.

“Keputusan Eigerindo untuk terjun ke kanal e-commerce dipengaruhi oleh dua faktor utama. Pertama, perubahan pola berbelanja dari target pasar utama kami, yaitu anak-anak muda. Mereka kini suka dan sering berbelanja secara online,” ujar Andreant Tendo, Logistics Division Head PT Eigerindo MPI yang sebelumnya menduduki posisi Head of E-Commerce.

“Kedua, kami melihat bahwa tingginya jumlah traffic pengunjung di marketplace membantu Eigerindo untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (13/3).

Untuk membantu keseluruhan proses digitalisasi dan penjualan online, Eigerindo berkolaborasi dengan e-commerce enabler SIRCLO sejak tahun 2018. SIRCLO menawarkan platform SIRCLO Commerce, sebuah platform teknologi layanan e-commerce channel management solution komprehensif yang membantu brand seperti Eigerindo untuk berjualan di berbagai kanal marketplace, dengan pengelolaan yang terpusat, praktis, dan efisien.

Didukung oleh infrastruktur teknologi yang memadai dan tim berdedikasi yang ahli dalam hal marketing dan manajemen strategis, layanan SIRCLO dapat memfasilitasi brand untuk meningkatkan penjualan dengan biaya operasional yang lebih rendah.

“SIRCLO membantu Eigerindo secara end-to-end untuk mengembangkan distribusi ke platform marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Zalora, Zilingo, iLotte, dan sebagainya. Selain itu, secara operasional SIRCLO memfasilitasi proses pembuatan akun official store Eigerindo dan mendukung keberlanjutan bisnis melalui kegiatan store handling, order handling, dan customer handling,” ungkap Andreant pada kesempatan yang sama.

Melalui ketiga kegiatan yang tersebut, SIRCLO mencakup seluruh proses distribusi dari pengelolaan toko hingga melayani berbagai pertanyaan pelanggan sembari mengoptimalkan platform yang telah memiliki basis konsumen yang kuat.

Dengan pengelolaan aktif di kanal e-commerce, pada tahun 2019 Eigerindo berhasil meningkatkan penjualan sebanyak 12 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2016, Eigerindo hanya menjual sebanyak 0.25% produknya secara online.

Baca Juga: E-commerce wajib lapor data secara berkala, BPS siapkan aturannya

Namun pada tahun 2022, mereka telah menetapkan target untuk meningkatkan penjualan produk melalui e-commerce sebesar 10%. Dengan didukung teknologi channel management solution SIRCLO, Eigerindo optimistis akan mampu mencapai target tersebut.

“Kami bangga bisa dipercaya oleh Eigerindo, salah satu brand fashion lokal berkualitas untuk membantu pemasaran dan penjualan secara digital. Kami (SIRCLO) selalu berusaha untuk berinovasi dengan teknologi terbaru dan menggali potensi di kanal digital agar brand seperti Eigerindo memacu pertumbuhan transaksi dan memangkas biaya operasional,” ungkap Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO.

Selain penjualan di marketplace, salah satu hal yang dilakukan oleh SIRCLO adalah membantu Eigerindo meningkatkan presensi online.

Selain Eigerindo, layanan e-commerce enabler komprehensif dari SIRCLO telah dipercaya oleh 40 klien yang memayungi lebih dari 200 brand besar berskala nasional maupun internasional. Menurut data tahun 2019, SIRCLO memfasilitasi peningkatan jumlah pesanan sebanyak 64% dan kenaikan transaksi ritel online sebesar 59% dari tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×