kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Percepat Swasembada, Kementerian BUMN Mulai Revitalisasi Industri Gula Nasional


Kamis, 13 Oktober 2022 / 09:08 WIB
Percepat Swasembada, Kementerian BUMN Mulai Revitalisasi Industri Gula Nasional
Truk pengangkut tebu bongkar muatan di Pabrik Gula Glenmore, PTPN XII, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/6/2021). Percepat Swasembada, Kementerian BUMN Mulai Revitalisasi Industri Gula Nasional.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Untuk mempercepat kedaulatan di bidang pangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai merevitalisasi industri gula nasional. Untuk itu, pemerintah akan melakukan restrukturisasi menyeluruh terhadap bisnis gula PTPN Group.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya telah melakukan transformasi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) untuk mendukung revitalisasi industri gula nasional dengan membentuk PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) yakni gabungan 7 PTPN dan anak PTPN, serta 2 cucu perusahaan.

SGN akan menggarap lahan 700.000 hektare (ha) untuk ditanami tebu mulai tahun ini. Revitalisasi ditargetkan membawa Indonesia mencapai swasembada gula konsumsi tahun 2028.

Kick Off atau peresmian Revitalisasi Industri Gula Nasional telah dilakukan Menteri BUMN di perkebunan tebu Dusun Temugiring, Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: Per Oktober 2022, Penggilingan Tebu PTPN XI Telah Mencapai 109% Realisasi Tahun Lalu

“Salah satu program prioritas pemerintah menekankan pembangunan ekosistem, kita harus dapat mengatasi ketergantungan terhadap rantai pasok dunia, khususnya untuk sektor pangan dan energi. Sekarang terus mendorong bagaimana hilirisasi industri gula ini sudah menjadi kenyataan dan bukan hanya sekadar rencana,“ kata Erick dalam keterangan resminya, Kamis (13/10).

Peresmian tersebut menandai  dimulainya  penataan  organisasi  PTPN Group melalui pembentukan SGN atau SugarCo. 

Dengan revitalisasi ini, produksi gula nasional ditargetkan naik secara bertahap dari saat ini 2,35 juta ton per tahun menjadi 4,73 juta ton sampai 5,7 juta ton per tahun.

Erick menyampaikan, transformasi dari Holding Perkebunan Nusantara sejatinya sudah berjalan dengan baik. Pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara (SugarCo), PT Sinergi Sawit Nusantara (PalmCo), dan PT Aset Manajemen Nusantara (SupportingCo). 

SugarCO merupakan wujud dari akselerasi transformasi bisnis di Holding Perkebunan Nusantara yang berasal dari penggabungan aset-aset perusahaan perkebunan tebu milik PTPN Group, yakni PTPN II, PTPN VII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII dan PTPN XIV. 

Baca Juga: Petani Tebu Tak Yakin Swasembada Gula Tercapai pada 2025

Percepatan swasembada gula nasional dilakukan untuk sejumlah tujuan, yakni menjamin ketahanan pangan nasional, menjamin ketersediaan bahan baku dan bahan penolong industri, serta mendorong perbaikan kesejahteraan petani tebu. 

Selain itu, peningkatan produksi tebu nasional, juga diharapkan akan beriringan dengan peningkatan produksi bioethanol berbasis tebu dalam rangka ketahanan energi, dan pelaksanaan energi bersih melalui penggunaan bahan bakar nabati (biofuel).

Sebagaimana Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN), Pemerintah telah memasukkan integrasi Group Perkebunan Nusantara melalui pembentukan SugarCo, PalmCo, dan SupportingCo ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) tahun 2022.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×