Reporter: Benediktus Krisna Yogatama | Editor: Fitri Arifenie
JAKARTA. PT Pan Brothers Tbk siap mencuatkan empat pabrik baru. Dengan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp 400 miliar, dana ini akan dibelanjakan untuk membangun pabrik baru, menjalin kerjasama dengan perusahaan Vietnam dan memperkuat penjualan ritel di pasar lokal.
Anne Patricia Sutanto, Wakil Direktur PT Pan Brothers Tbk memerinci, sebanyak Rp 300 miliar dipakai untuk membangun pabrik. Sisanya, untuk biaya operasional pabrik di Vietnam dan bisnis garmen domestik. "Sampai dengan 2016, kami akan membangun tujuh pabrik," ujar Anne.
Fasilitas produksi yang baru dibangun sebenarnya merupakan ekspansi dari salah satu anak usaha produsen garmen berkode saham PBRX ini. Pan Brothers mengikat tali kerjasama dengan Mitsubishi Corporation Jepang untuk membentuk PT Eco Smart Garment Indonesia (ESGI).
Menurut cerita Anne, empat unit pabrik baru ini ditargetkan kelar di akhir tahun ini. Kemudian tahun 2015, perusahaan menargetkan ada dua pabrik baru beroperasi dan satu unit pabrik lagi pada 2016. Sehingga, dalam waktu dua tahun mendatang, kapasitas produsi garmen polo shirt mencapai 92 juta potong. Saat ini, kapasitas produksi polo shirt perusahaan masih 42 juta potong dengan tingkat utilitas 80% hingga 85%.
Di sektor ritel, Pan Brothers makin gencar memasarkan garmen merek sendiri, yaitu ZOE, dan memasarkan merek asal Thailand Greyhound Original dan Flynow.
Tahun ini, perusahaan siap membuka 30 gerai shop in shop. Dengan demikian, di Desember 2014, jumlah shop in shop mencapai 36 gerai.
Kuartal dua membaik
Meski memiliki agenda ekspansi seabrek, pendapatan Pan Brothers di kuartal pertama tahun ini stagnan. Pada triwulan pertama tahun lalu, pendapatan perusahaan US$ 63,96 juta. Per Maret 2014, penjualan perusahaan hanya US$ 63,99 juta.
"Penjualan kami 99% itu ekspor," terang Anne. Ekspor paling besar adalah ke pasar Asia sekitar 40%. Selain Asia, ekspor perusahaan ke Amerika Serikat cukup besar. Porsinya sekitar 32%−33%.
Di periode April−Juni, Anne bilang, kondisinya lebih baik dari kuartal pertama. Menurut taksiran perusahaan, pada kuartal dua, pendapatan Pan Brothers bisa tumbuh antara 10%−15%. n
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News