kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat sinyal, Telkomsel tambah jaringan khusus di stadion utama GBK


Senin, 15 Januari 2018 / 20:44 WIB
Perkuat sinyal, Telkomsel tambah jaringan khusus di stadion utama GBK
ILUSTRASI. Telkomsel Tambah Jaringan Khusus di GBK


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Telkomsel tambahkan layanan jaringan sebagai persiapan menyambut beroperasinya kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sebagai tempat berlangsungnya Asian Games 2018.

Upaya yang Telkomsel lakukan antara lain implementasi teknologi jaringan TDD 2,3 Mhz serta Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk jaringan pita lebar terdepan 4G LTE Telkomsel yang menjangkau kawasan GBK.

Dengan menggelar optimalisasi kualitas jaringan 17 BTS yang sudah beroperasi di sekitar kawasan GBK, Telkomsel juga melakukan penambahan 22 BTS serta 20 di antaranya berjenis Lampsite yang secara khusus dihadirkan untuk pengamanan jaringan indoor Stadion Utama GBK.

Selain itu, Telkomsel juga mengoperasikan 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang sudah dilengkapi teknologi frekuensi TDD 2,3 MHz serta 1 unit BTS berteknologi Massive MIMO yang menjangkau kawasan outdoor sekitar Stadion GBK.

"Gelaran peresmian Stadion Utama GBK yang baru direnovasi dan disertai pertandingan sepak bola Timnas melawan Islandia ini menjadi momen yang tepat bagi Telkomsel untuk menguji kemampuan teknologi jaringan terdepan yang memang telah dipersiapkan untuk menyambut perhelatan olahraga Asian Games 2018, yang salah satunya akan berlangsung di Jakarta,” kata Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani dalam riset 15 Januari 2018.

Dengan beroperasinya fasilitas jaringan baru diharapkan kehadiran puluhan ribu orang di GBK bisa menikmati akses layanan broadband menggunakan jaringan 4G LTE akan tetap terjaga dan semakin maksimal. Kedua teknologi tersebut mampu menambah kapasitas akses broadband mencapai 5 sampai 8 kali lebih besar dibandingkan teknologi jaringan lain pada umumnya.

Sementara, teknologi jaringan Massive MIMO sendiri secara khusus dioperasikan Telkomsel di kawasan kompleks olahraga GBK sebagai antisipasi meningkatnya traffic komunikasi terutama akses broadband saat momen Asian Games 2018 nanti.

Ririn lebih lanjut mengatakan, pada gelaran pertandingan sepakbola Timnas Indonesia melawan Islandia sendiri, Telkomsel mencatat total lalu lintas layanan data pelanggan yang hadir di Stadion Utama GBK mencapai lebih dari 1650 GB, dengan traffic tertinggi yang dapat terlayani dalam satu momen bersamaan hingga 210 GB. Lonjakan traffic layanan data tersebut meningkat hingga 240% dibandingkan hari pada akhir pekan pada umumnya.

Tingginya akses layanan data tersebut tetap terjaga kualitasnya seiring upaya antisipasi yang telah dilakukan Telkomsel, seperti memaksimalkan teknologi jaringan TDD 2,3 Mhz termasuk FDD 1,8 MHz serta Massive MIMO yang telah di kawasan Stadion Utama GBK. Pada saat uji coba sebelumnya kecepatan akses layanan data mencapai 350 Mpbs.

Traffic layanan data di Stadion Utama GBK didominasi akses layanan broadband oleh pelanggan untuk browsing internet, upload dan streaming live melalui media sosial, terutama untuk mengabadikan momen berlangsungnya pertandingan Timnas Indonesia melawan Islandia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×