kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,45   -4,35   -0.46%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Perluas pasar, Uber dan Tokopedia bersinergi


Kamis, 09 November 2017 / 13:53 WIB
Perluas pasar, Uber dan Tokopedia bersinergi


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis online semakin tumbuh dan berkembang. Munculnya pemimpin pasar di berbagai sektor bisnis online mendorong sejumlah pelaku bisnis online melakukan sinergis.

Uber perusahaan ridesharing dan Tokopedia perusahaan e-commerce hari ini, Kamis (9/11) mengumumkan secara resmi kerja sama strategis yang mengintegrasi layanan tumpangan Iangsung dan transaksi Gift Card melalui platform Tokopedia.

Melalui integrasi ini pengguna Tokopedia dapat memesan perjalanan menggunakan TokoCash sebagai cara membayar untuk semua perjalanan melalui platform Tokopedia. Ke depan, pembayaran juga dapat dilakukan dengan kartu kredit.

“Melalui platform API (application program interface) Uber, jutaan warga Indonesia sekarang dengan mudah dapat memesan Uber dan melakukan perjalanan dengan Uber melalui apllkasi belanja favorit mereka," ujar General Manager Uber untuk kawasan Asia Tenggara dan Utara, Chan Park.

Melalui kerja sama ini, pengguna Tokopedia tidak perlu lagi mendownload dua aplikasi sekaligus. Bahkan kedua pihak mengatakan kerja sama ini merupakan tahap awal.

"Senergis kedua melalui Uber Gift Card. Sehingga siapa saja bisa memberikan Uber Gift Card kepada teman atau keluarga just to using uber for free. Jadi dua hal ini memang tahap awal kita jajaki. Namun kemungkinan jg bakal banyak partnership lainnya ke depannya," ungkap Chief of Staff Tokopedia Melissa Siska Juminto.

Uber Gift Card sendiri merupakan hadiah yang dapat dibeli dan dibagikan kepada siapa saja. Adapun nominal Uber Gift Card yang bisa dibeli di Tokopedia senilai Rp 50.000 atau Rp 100.00. Sedangkan nominal Uber Gift Card yang bisa diperoleh melalui aplikasi Uber mulai Rp 10.000 hingga Rp 500.000.

Uber Gift Card juga bisa digunakan untuk pemesan UberDELIVER yang sudah beroperasi di Surabaya. Tokopedia pun masih akan mengeksplor kemungkinan kerja sama lainnya dengan Uber alih-alih membuka kerja sama dengan aplikasi ridesharing lainnya.

"Target (Uber Gift Card) memang saya gak bisa disclosed. Tapi harapan bagamana kita bring value to users. Banyak orang yang gak ngerti menggunakan aplikasi. Jadi easy, just giving and buying gift cards. Lalu memberikan ke orang lain jadi mereka bisa langsung enjoy the ride-nya uber," ungkap Melissa.

Berbicara soal pembekuan izin TokoCash oleh Bank Indonesia. Melissa bilang pembekuan hanya untuk top up (pengisian) TokoCash. Namun nominal yang ada di TokoCash masih bisa digunakan.

Walaupun saat ini pembayaran pemesanan Uber di Tokopedia baru bisa dilakukan melalui Tokocash. Dalam waktu dekat, Tokopedia akan menambahkan metode pembayaran lainnya seperti kartu kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×