kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan produk AC masih terus meningkat


Selasa, 09 Oktober 2018 / 19:19 WIB
Permintaan produk AC masih terus meningkat
ILUSTRASI. Penjualan elektronik air conditioner dan mesin cuci


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa perusahaan elektronik masih mengandalkan penjualan Air Conditioner (AC), salah satunya Panasonic. Assistant General Manager Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia, Heribertus Ronny mengungkapkan total dari penjualan AC dapat menyumbang lebih dari 35% dari pendapatan Panasonic per tahun.

Teranyar, Panasonic juga meluncurkan AC si-Biru pada hari ini. Ronny menyampaikan permintaan konsumen terhadap AC masih bagus dan penjualannya masih positif, pangsa pasarnya sebesar 22% dan tahun ini menargetkan mampu mencapai 25%.

Senada, PT Sharp Electronics Indonesia, National Sales Senior General Manager Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo menyampaikan penjualan AC meningkat 150% ketimbang tahun lalu.

Meski ia mengaku tiga bulan terakhir ini penjualan sedikit menurun lantaran harga jual yang meningkat, tetapi penjualan AC dinililai masih positif. “Dalam satu tahunnya menyumbang sekitar 20% sampai 25% dari total pendapatan Sharp,” ujarnya pada Kontan.co.id, Selasa (9/10).

Tahun 2018, Andry menargetkan dapat menjual total 700.000 sampai 800.000 unit AC, sampai September 2018 realisasi penjualan dari semua produk AC sudah mencapai 550.000 unit.

Terakhir, Sharp merilis produk AC pada Maret lalu dengan inovasi berbasis internet atau IoT. Andry bilang produk AC baru ini baru mulai dijual pada Juni silam dan penjualannya belum terlalu positif. Ia menambahkan pangsa pasar Sharp saat ini mencapai 24%. "Momen meningkatnya penjualan AC mulai April sampai Juni," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×