kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Persaingan SUV premium kian ketat


Jumat, 27 Mei 2011 / 09:36 WIB
Persaingan SUV premium kian ketat
ILUSTRASI. Presiden AS, Donald Trump, mengecam pidato Michelle Obama dalam konvensi Partai Demokrat yang dinilainya berisi muatan pemecah belah bangsa.


Reporter: Sofyan Nur Hidayat, Gloria Haraito | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Meski tren penjualan mobil selama empat bulan ini turun namun pasar sport utility vehicle (SUV) premium tak pernah sepi peminat. Tengok saja misalnya penjualan SUV seri Infiniti FX. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, sepanjang Maret hingga April lalu penjualan Infiniti FX mencapai 12 unit.

Maret 2011 lalu, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan Infiniti FX dalam dua tipe, yakni Infiniti FX37 dan FX50 pada Maret 2011 lalu. Harganya Rp 1,15 miliar dan Rp 1,45 miliar per unit on the road Jakarta.

"Sejak awal peluncurannya, seri Infiniti FX banyak diminati karena banyak konsumen yang menunggu merek ini," ujar Teddy Irawan, Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran NMI.

Menurut Teddy, kelebihan SUV Infiniti adalah bisa melintas di segala medan, termasuk off road. Mobil ini menyasar segmen atas yang tidak sensitif terhadap harga. Walhasil, pasar SUV premium tetap stabil.

NMI menargetkan penjualan SUV dan sedan Infiniti mencapai sekitar 200 unit hingga Maret 2013, setahun setelah peluncurannya.

Mercedes luncurkan ML300

Namun, persaingan memperebutkan pasar mobil SUV mewah kian ketat. Rabu silam (25/5), PT Mercedes Benz Indonesia meluncurkan ML300. Mercedes menjual ML300 seharga Rp 929 juta off the road. ML300 didukung dengan mesin 3.000 cc V6 yang mampu menghasilkan tenaga 231 HP pada putaran mesin 6.000 rpm.

Yuniadi Hartono, Wakil Direktur Pemasaran Mercedes Benz, mengatakan, pasar SUV premium di Indonesia memang menarik. Hingga kini, ada sekitar lima pemain di ceruk pasar ini. "Sementara, pasar SUV premium dengan harga di atas Rp 800 juta masih kecil," kata Yuniadi.

Ini juga terlihat pada penjualan SUV Mercedes Benz yang saban tahun tak sampai 100 unit. Menurut Yuniadi, ML300 menyasar konsumen Mercedes Benz yang menginginkan kendaraan kedua atau ketiga. Secara ekonomi, mereka biasanya merupakan pebisnis yang membutuhkan kendaraan alternatif untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan SUV terbarunya ini, Mercedes Benz berharap penjualan tahun ini dapat mencapai 3.850 unit. Target ini meningkat 5,48% dibanding penjualannya tahun sebelumnya yang mencapai 3.650 unit.

Ferdy Santoso, Direktur Blinkz Blinkz Motors juga mengakui pasar SUV premium yang selalu merekah. Blinkz Blinkz merupakan diler resmi SUV premium Chrysler. "Pasarnya adalah kalangan eksekutif atau mereka yang sudah mapan," kata Ferdy.

Menurut Ferdy, agar bisa bertahan, setiap merek terus berlomba meluncurkan produk baru.

Chrysler misalnya, Maret silam merilis Jeep Grand Cherokee. Mobil mewah ini dibanderol seharga Rp 1,39 miliar on the road Jakarta.

Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang Maret dan April 2011, Jeep Grand Cherokee telah terjual 14 unit. "Tahun ini target penjualan kami sebanyak 70 unit," kata Ferdy.

Adapun Chrysler Jeep Wrangler Sahara yang telah lama meramaikan pasar SUV premium, sepanjang Januari-April telah terjual 13 unit. Adapun Chrysler Jeep Wrangler Rubicon terjual 42 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×