kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertagas Niaga mulai operasikan jargas baru di Penajam Paser Utara


Kamis, 05 November 2020 / 12:56 WIB
Pertagas Niaga mulai operasikan jargas baru di Penajam Paser Utara
ILUSTRASI. Jaringan gas rumah tangga


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warga Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang merasakan manfaat jaringan gas (jargas) kota kini bertambah. Rabu (4/11), PT Pertagas Niaga sebagai badan usaha yang ditunjuk mengelola dan mengoperasikan jargas di Penajam Paser Utara mulai mengalirkan gas secara bertahap pada 5.062 Sambungan Rumah tangga (SR) baru yang dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM.

Pembangunan jargas tersebut dilakukan dengan dana yang berasal dari APBN Tahun Anggaran 2020. Adapun pengaliran gas tahap pertama dilakukan di Sektor 6 Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam.

Sebelumnya, pada tahun 2019, telah terpasang sebanyak 4.260 SR jargas kota di Penajam Paser Utara sehingga kini jumlah rumah yang telah terpasang jargas sudah mencapai 9.322 SR dengan sistem pasca bayar.

Baca Juga: Menanti kejelasan proyek pipa gas Cirebon-Semarang

Untuk pengaliran jargas tahap kedua akan dilakukan bertahap di Desa Giri Mukti, Giri Purwa, Sidorejo, Kelurahan Lawe, Petung dan Waru. Jaringan gas kota di kabupaten ini mendapatkan pasokan dari PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur sebanyak 0,2 MMSCFD.

Program pemerintah berupa jaringan gas kota terus berlanjut sebagai upaya untuk menekan subsidi LPG serta mendorong diversifikasi energi.

“Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini tekanan dan masa jenisnya rendah, sehingga masyarakat selain hemat juga bisa lebih aman ketika memasak,” jelas President Director Pertagas Niaga Linda Sunarti dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (5/11).

Linda juga berpesan agar warga dapat menjaga jaringan gas di lingkungan sekitarnya agar jaringan tersebut awet dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu panjang. Pertagas Niaga pun menargetkan sambungan jargas tahap berikutnya dapat beroperasi seluruhnya dalam tiga bulan ke depan.

Selanjutnya: Pertamina RU IV Cilacap salurkan energi PLTS ke lingkungan sekitar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×