kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertama di Asean, DCI Indonesia Raih Sertifikasi TCOS dari Uptime Institute


Rabu, 18 Oktober 2023 / 00:36 WIB
Pertama di Asean, DCI Indonesia Raih Sertifikasi TCOS dari Uptime Institute
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT DCI Indonesia Tbk (DCII) Toto Sugiri? (kanan) bersama?Vice President Asia Uptime Institute Patrick Chan (kiri) di Jakarta, Selasa (17/10/2023). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT DCI Indonesia Tbk (DCII) meraih penghargaan Tier IV Gold Certification of Operational Sustainability (TCOS) dari Uptime Institute. DCII menjadi operator data center pertama di Asia Tenggara yang sukses meraih penghargaan tersebut.

Uptime Institute merupakan Otoritas Infrastruktur Digital Global yang berfokus pada penilaian dan peningkatan keandalan, ketahanan, dan keberlanjutan pusat data dan infrastruktur penting.

Sertifikasi Tier IV Gold TCOS kini melengkapi serangkaian tolok ukur global teratas yang dimiliki DCII bersama dengan Tier IV Certification of Design Documents dan Tier IV Certification of Constructed Facilities.

Perolehan Tier IV Gold TCOS membuktikan bahwa fasilitas pusat data Tier IV yang dirancang dan dibangun DCI juga memiliki standar tertinggi dalam manajemen, pengoperasian, dan pemeliharaan pusat data.

"DCII telah menunjukkan perencanaan proaktif, mitigasi risiko, dan keunggulan operasional yang memungkinkan produksi tanpa henti dan keandalan di berbagai kondisi operasi," ujar Chief Executive Officer (CEO) DCII, Toto Sugiri, dalam keterangan resminya, Selasa (17/10). 

Baca Juga: Simak Fokus Ekspansi DCI Indonesia (DCII) pada Semester II-2023

Toto menambahkan, DCII juga telah mempelopori integrasi automation dan predictive maintenance ke dalam operasinya, sehingga semakin meningkatkan keandalan dan efisiensi pusat datanya. Salah satu cara DCII melakukan itu melalui ribuan sensor IoT yang dipasang pada peralatan dan infrastruktur DCI. 

Menurut Toto, keberadaan sertifikat Tier IV Gold TCOS menunjukkan keandalan sehingga akan meningkatkan kepercayaan klien. Ia bilang, melalui kerangka kerja dan implementasi manajemen & operasi  DCII yang sejalan dengan standar industri tertinggi akan menghasilkan pengurangan insiden dan kinerja SLA yang konsisten.

Toto mengakui bahwa fasilitas yang canggih menyediakan infrastruktur yang kokoh. Namun, ia tak memungkiri bahwa sinergi dari tim operasi yang sangat ahli dan mudah beradaptasilah yang menjadi kekuatan pendorong kesuksesan DCII.

"Meski fasilitas tersebut menyumbang 20% dari fondasi kami, namun kekuatan pendorong sebenarnya di balik kesuksesan kami terletak pada 80% sisanya, yang didedikasikan untuk operasi kami," ungkap Toto. Selain itu, kata dia, operasi DCII didukung oleh otomatisasi dan pemeliharaan prediktif, yang membedakan kami dari industri lainnya.

Sebagai perusahaan pertama di Asia Tenggara yang meraih Sertifikasi TCOS Emas Tier IV, DCII bangga mewakili Indonesia sebagai salah satu pemimpin regional dalam industri pusat data, yang menetapkan tolok ukur baru untuk keunggulan operasional dan keberlanjutan.

Mirip dengan sertifikasi Tingkat DCI lainnya, Sertifikasi TCOS ini diberikan kepada JK5 Data Center Hall 5A DCI, namun SOP, proses, dan standar berlaku secara seragam di seluruh pusat data Platform DCI (yaitu kampus H1, H2, E1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×