kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pertamina akan bor 118 sumur di Blok Mahakam tahun ini


Jumat, 12 Juli 2019 / 19:19 WIB
Pertamina akan bor 118 sumur di Blok Mahakam tahun ini

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -BALIKPAPAN. Terus alami penurunan produksi, Blok Mahakam tahun ini bor 118 sumur. Kepala Perwakilan SKK Migas Kalimantan-Sulawesi, Syaifudin menyebutkan bahwa tiap tahun produksi secara nasional memang alami penurunan.

"Secara umum sumur migas akan turun 15%-20% tiap tahun decline rate-nya," ujarnya di Balikpapan, Kamis (11/7).


Hanya saja, ia mengklaim hingga semester I ini mampu mempertahankan decline rate di bawah 5% secara nasional. Khusus untuk Blok Mahakam sendiri disebutkan memang di atas 5% tetapi masih berada di bawah decline rate yang ada.

"Karena perlu disadari Blok Mahakam sudah beroperasi 50 tahun, artinya barangnya sudah tidak mungkin sebanyak yang lalu," lanjutnya.

Syaifudin memaparkan di PHM sendiri mempunyai kewajiban memiliki komitmen kerja pasti dengan melakukan kerja eksplorasi. Dari sana diharapkan ada wilayah eksplorasi baru.

Dengan adanya wilayah baru, pihaknya juga terus mengupayakan melakukan pengeboran di wilayah eksisting untuk menjaga laju pertumbuhannya.

Untuk strategi lainnya, ia menuturkan eksplorasi menjadi satu-satunya cara untuk mempertahankan tinhkat produksinya.

Untuk target seoanjang tahun ini sendiri, ia tak menyebutkan. Namun, hingga Mei lalu produksi PHM untuk minyak di angka 36.622 BOPD dan gas 778 MMSCFD. Sedangkan untuk sumur yang akan dibor tahun ini, Syaifudin menyebutkan akan ada 108 hingga 118 sumur di Blok Mahakam.




TERBARU

Close [X]
×