kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Bakal Setop Jualan Pertalite, Apa Penggantinya?


Kamis, 31 Agustus 2023 / 05:10 WIB
Pertamina Bakal Setop Jualan Pertalite, Apa Penggantinya?
ILUSTRASI. Dalam rapat dengan DPR, Dirut Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan rencana Pertamina akan menjual tiga produk BBM baru antara lain Pertamax Green 92 yaitu campuran BBM Pertalite dengan etanol, Pertamax Green 95 yaitu campuran Pertamax 92 dengan etanol, serta Pertamax Turbo yang ketiganya diklaim lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) berencana untuk berhenti menjual bahan bakar minyak (BBM) RON 90 alias Pertalite. Itu artinya, Pertalite akan dihapuskan mulai 2024. 

Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya memiliki Program Langit Biru sejak dua tahun lalu, di mana pada tahap pertama adalah menghapus keberadaan BBM RON 88 alias Premium. 

"Program pertama menaikkan BBM subsidi dari RON 88 menjadi RON 90. Ini kita lanjutkan sesuai dengan rencana Program Langit Biru tahap dua, di mana BBM subsidi kita naikan dari RON 90 ke RON 92," ujarnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8/2023). 

Menurut Nicke, langkah ini sejalan dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di mana BBM yang diperbolehkan beredar nantinya minimal RON 91. 

Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang. 

"Jadi itu sudah sangat pas, dari aspek lingkungan," kata Nicke. 

Baca Juga: Pertaruhan Subsidi Energi dan Transportasi di Akhir Masa Pemerintahan Jokowi

Ia menuturkan, nantinya hanya akan ada tiga jenis BBM gasoline di 2024. Terdiri dari Pertamax Green 92 yang akan diluncurkan mulai tahun depan. Lalu Pertamax Green 95 yang sudah tersedia di sejumlah SPBU Jakarta dan Surabaya, serta Pertamax Turbo. 

Secara rinci, lanjut Nicke, Pertamax Green 92 merupakan BBM hasil percampuran Pertalite dengan 7 persen etanol atau E7, sehingga RON-nya naik dari 90 menjadi 92. 

Sedangkan Pertamax Green 95 merupakan BBM hasil percampuran Pertamax dengan 5 persen etanol atau E5 di 2023, dan akan menjadi 8 persen etanol atau E8 di 2024. 

Baca Juga: Kembangkan Produk BBM Green Gunakan Etanol, Pertamina Minta Dukungan Insentif

"Jadi tahun depan hanya akan ada tiga produk, di mana ada dua green gasoline yang akan menjadi produk dari Pertamina," ucap Nicke.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamina Berencana Hapus Pertalite Tahun Depan, Diganti Pertamax Green 92"
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×