kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,61   -8,86   -1.02%
  • EMAS930.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -0.40%
  • RD.CAMPURAN -0.08%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Pertamina inbreng kapal ke Pertamina International Shipping senilai Rp 9 triliun


Senin, 03 Mei 2021 / 13:01 WIB
Pertamina inbreng kapal ke Pertamina International Shipping senilai Rp 9 triliun
ILUSTRASI. Sejumlah kapal pengangkut BBM berada di Dermaga Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Pertamina resmi melakukan inbreng atas 71 kapal tanker migas kepada PT Pertamina International Shipping (PIS) dengan nilai triliunan. 

Proses inbreng ini dalam rangka proses PIS menjadi Subholding dan juga siap melalukan penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansuri mengatakan, bahwa Pertamina sudah melakukan inbreng ke PIS. "Pertamina sudah melakukan inbreng sebagai bagian dari pembentukan subholding Pertamina Shipping dan Marine Logistics," kata dia ke KONTAN, Senin (3/5).

Pahala mengatakan, dari total kapal itu nilainya mencapai triliunan. "Nilai dari 71 kapal itu mencapai Rp 9 triliun," terang dia.

Pahala mengatakan, saat ini Pertamina International Shipping dan Marine Logistic, memiliki potensi untuk menjadi perusahaan marine logistic terbesar di kawasan Asia Tenggara. Apalagi, saat ini kebutuhan kapal Pertamina mencapai di atas 200 kapal.

"Bagaimana kita bentuk satu perusahaan marine logistic yang terintegrasi punya shipping, punya storage dan beberapa pelabuhan," kata Pahala.

Apalagi kata Pahala, saat ini Pertamina juga sudah membeli 1 kapal tanker very large crude carrier (VLCC) dari Jepang dan 1 kapal LVCC dari Korea Selatan.

Seperti diketahui, PT Pertamina Internasional Shipping, PT Pertamina Geotrhermal Energy, Anak Usaha PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) yang bergerak dibidang penyediaan infrastruktur dan kawasan industri, dan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) dijadwalkan IPO pada kuartal III-2021.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Pendalaman Strategic Thinking Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 2

[X]
×