kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina optimistis wujudkan pembangunan kilang ramah lingkungan


Rabu, 24 April 2019 / 21:34 WIB
Pertamina optimistis wujudkan pembangunan kilang ramah lingkungan


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) optimistis pembangunan megaproyek kilang ramah lingkungan dapat terlaksana dengan lancar dan memenuhi kebutuhan BBM dan Petrokimia dalam negeri.

Sejumlah proyek tersebut disinyalir mampu meningkatkan kapasitas produksi bahan bakar Pertamina dari saat ini sebesar 600.000 barel per hari (bph) menjadi 1,7 juta bph.

Megaproyek kilang tersebut meliputi empat proyek perluasan (Refinery Development Master Plan/RDMP) yakni RDMP Refinery Unit (RU) V Balikpapan; RDMP RU IV Cilacap; dan RDMP RU VI Balongan, RDMP RU II Dumai, serta dua proyek Pembangunan Kilang Minyak dan Petrokimia (Grass Root Refinery/GRR) Tuban dan GRR Bontang.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero) Ignatius Tallulembang bilang percepatan penyelesaian proyek-proyek kilang tersebut bertujuan untuk menghasilkan bahan bakar yang ramah lingkungan, mengurangi impor BBM dan Petrokimia, meningkatkan cadangan devisa dan penerimaan pajak.

"Setiap proyek lebih cepat dari yang dijadwalkan melihat rincian pencapaian inisiatif dan rencana strategis ke depan," ujar Ignatius dalam siaran persnya, Rabu (24/4).

Lebih lanjut Ignatius menjelaskan proyek GRR Tuban telah mencapai sejumlah target strategis pada tahun 2018 seperti penyelesaian bankable feasibility study (BFS), tender seleksi process licensor, general engineering design (BED) dan front end engineering design (FEED); serta izin penetapan lokasi lahan eks masyarakat seluas 493 ha dari Gubernur Jawa Timur.

Ia menambahkan ke depannya akan dilakukan penandatangan kontrak process licensor, general engineering design consultant, dan PMC, pengoperasian perusahaan patungan secara penuh, pelaksanaan pembebasan lahan tahap II, dan pelatihan tenaga kerja lokal.

Sementara pada 2018 RDMP Balikpapan memperoleh penandatanganan kontrak engineering, procurement, and construction (EPC) ISBL OSBL pada 10 Desember 2018, penyelesaian pekerjaan pendahuluan (early works) tahap pertama seperti apartemen, site development tahap pertama, dan jetty, persetujuan FID RDMP tahap pertama dan kedua, perolehan izin amdal, serta pelatihan 924 tenaga kerja lokal.

Ke depannya RDMP Balikpapan akan melaksanakan EPC ISBL OSBL, pendirian PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB), penyelesaian pekerjaan early works tahap II seperti site development tahap II dan Lawe-lawe, pengendali banjir kilang dan apartemen, serta modifikasi 34 unit tangka, dan penyelesaian bidding paket EPC Lawe-lawe.

Sementara pencapaian proyek RDMP Cilapap antara lain perolehan sejumlah izin seperti penetapan lokasi, amdal, RTRW, dan relokasi fasilitas publik, pembebasan lahan KIC, studi BED, memperoleh konfirmasi pendahuluan tax holiday, dan perolehan izin prinsip spin off aset RU Cilacap dari Menteri BUMN.

Ke depannya RDMP Cilacap akan menyelesaikan kesepakatan JVDA dan valuasi aset dengan mitra Saudi Aramco, persetujuan pre investment decision, pelaksanaan early works seperti site development, rute ulang jalan, dan fasilitas umum, serta penyelesaian engineering proyek.

Di sisi lain, GRR Bontang memperoleh penandatanganan frame work agreement (FWA) dengan mitra Overseas Oil Group (OOG) Oman pada 10 Desember 2018. Langkah berikutnya antara lain penetapan lokasi kilang, akuisisi lahan, penyesuaian RTRW, penyelesaian BFS, serta memulai pekerjaan BED dan FEED.

Sedangkan, RDMP Balongan, pada 2018 sudah dilakukan FWA proyek petrokimia dengan China Petroleum Company (CPC) Taiwan pada 11 Oktober 2018 dan penyelesaian tender konsultan untuk pre FEED survival phase, linier programming flexibility phase, dan FS proyek petrokimia.

Langkah berikutnya adalah penyelesaian FS pre FEED survival phase, linier programming FS flexibility phase, dan FS proyek petrokimia; pelaksanaan tender dan kontrak dua bid competition (DBC) bagi proyek survival phase; penyelesaian izin amdal untuk survival phase; dan penyelesaian pengadaan lahan untuk lokasi RDMP dan petrokimia termasuk opsi reklamasi.

Selain itu Pertamina tengah melaksanakan Proyek Pengembangan Green Refinery RU III Plaju, Proyek SPL/SPM Balongan, dan Proyek Langit Biru RU IV Cilacap (PLBC).

Lebih lanjut, Ignatius bilang RU III Plaju, akan dikembangkan menjadi pilot project pengembangan green refinery dimana saat ini telah berhasil dilakukan implementasi Co-Processing CPO (Crude Palm Oil) yang menghasilkan Green Gasoline dan Green LPG.

Dalam jangka panjang, Pertamina telah melakukan kerjasama dengan ENI, perusahaan minyak asal Italia yang menjadi pelopor konversi kilang pertama di dunia.

Kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam menyediakan bahan bakar ramah lingkungan sekaligus mengoptimalkan sumber daya alam dalam negeri untuk menciptakan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.

Untuk Proyek Pipa Bawah Laut (SPL) dan Fasilitas Bongkar Muat Minyak Mentah (SPM) RU VI Balongan, pada 27 Desember 2018 telah diselesaikan mechanical completion. Sedang, langkah selanjutnya adalah operational acceptance, pengalihan aset ke RU Balongan, dan pemasangan permanen buoy.

Sementara Proyek Langit Biru Cilacap, pada 2018, pekerjaan EPC sudah mencapai 93,75 persen dan persiapan pra komisioning. Target ke depan adalah mechanical completion, commissioning, operational acceptance, dan hand over ke RU Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×