kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,11   -0,53   -0.06%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina pastikan fasilitas dan pasokan BBM tetap aman pasca gempa ambon


Jumat, 04 Januari 2019 / 08:26 WIB
Pertamina pastikan fasilitas dan pasokan BBM tetap aman pasca gempa ambon
ILUSTRASI. Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke truk tangki Pertamina


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gempa bumi berkuatan 4,6 skala richter (SR) terjadi di Ambon, Maluku pada Kamis (03/01) pukul 13.21 WIT. Pasca kejadian tersebut, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR VIII Maluku-Papua memastikan seluruh fasilitas pemasaran Pertamina di wilayah Ambondalam kondisi aman.

Menurut Unit Manager Communication & CSR MOR VIII Maluku – Papua Pertamina, Brasto Galih Nugroho, fasilitas pemasaran Pertamina yang ada di wilayah Ambon adalah Marketing Branch Pertamina MOR VIII, Terminal BBM Wayame Ambon dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pattimura, yang dilaporkan dalam kondisi aman dan beroperasi secara normal.

"Seluruh fasilitas pemasaran Pertamina, baik Terminal BBM, DPPU, Marketing Branch serta lembaga penyalur BBM dan LPG (SPBU dan agen) di Ambon dan sekitarnya dilaporkan tidak ada kerusakan dan kegiatan penyaluran BBM dan LPG berjalan dengan normal," kata Brasto melalui keterangan tertulisnya, Jum'at (4/1).

Sebagai informasi, terminal BBM Wayame adalah pemasok utama BBM (Bahan Bakar Minyak: Premium, Solar/Bio, Minyak Tanah) atau BBK (Bahan Bakar Khusus: Pertalite, Pertamax, Dexlite) untuk wilayah Kotamadya Ambon dan sekitarnya.

TBBM Wayame juga merupakan loading port (pelabuhan muat) yang menjadi lokasi transit supply untuk wilayah Timur Indonesia dengan total 17 tangki timbun berkapasitas 160 ribu KL untuk produk Premium, Pertamax, Pertalite, Kerosine (minyak tanah), Avtur (bahan bakar pesawat), Solar, Bio Solar, Dexlite, MFO (bahan bakar kapal), dan FAME ( Fatty Acid Methyl Ester, bahan campuran biosolar).

Sedangkan DPPU Pattimura memiliki fasilitas 3 tangki vertikal dan 1 tangki pendam dengan kapasitas total 308 KL Avtur untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara di Bandara Internasional Pattimura.

Pasca gempa, TBBM Wayame dan DPPU Pattimura terpantau masih menjalankan aktivitas penerimaan, penimbunan, dan penyaluran BBM/BBK secara normal dan aktivitas tidak terganggu, termasuk di 10 lembaga penyalur/SPBU (7 SPBU Reguler dan 3 SPBU Kompak) di wilayah Kota Ambon.

Sehingga, Pertamina memastikan penyaluran BBM, LPG dan avtur tetap dapat berjalan normal. "Namun kami tetap melakukan pengecekan dan pengawasan menyeluruh untuk memastikan kegiatan penyaluran berjalan dengan lancar," ungkap Brasto.

Brasto menambahkan, apabila memerlukan informasi mengenai layanan pemasaran Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Contact Pertamina di 1 500 000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×