kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina salurkan bantuan modal Rp 3,5 miliar untuk 30 UMKM di Jatimbalinus


Kamis, 26 November 2020 / 11:23 WIB
Pertamina salurkan bantuan modal Rp 3,5 miliar untuk 30 UMKM di Jatimbalinus
ILUSTRASI. Pertamina salurkan bantuan modal Rp 3,5 miliar untuk 30 UMKM di Jatimbalinus.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Pertamina melalui Marketing Region Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) kembali menyalurkan dukungan bantuan modal usaha  dana bergulir melalui Program Kemitraan dengan nilai Rp 3,5 miliar kepada 30 UMKM di wilayah Jatimbalinus.

Penyaluran Program Kemitraan ini diserahkan secara simbolis oleh Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani kepada salah satu Mitra Binaan (MB) secara dalam jaringan (daring) di Surabaya, Selasa (24/11).

Deden Idhani mengatakan Program Kemitraan ini merupakan upaya Pertamina mendukung kebangkitan UMKM yang menjadi pilar penggerak ekonomi di tengah pandemi.

“UMKM saat ini jatuh bangun untuk dapat menstabilkan usahanya dan menghidupi banyak orang. Program Kemitraan ini diharapkan dapat menjadi stimulus kepada mereka agar bangkit dan mandiri sehingga bisa membantu menggerakkan roda perekonomian,” terang Deden lewat keterangan tertulisnya, Kamis (26/11).

Baca Juga: Kawal proyek strategis nasional, Pertamina gaet Kejagung

Dengan penyaluran ini, Pertamina selama tahun 2020 telah menyalurkan Rp 19,8 milir bantuan modal usaha untuk UMKM di Jatimbalinus. Bantuan Modal Usaha yang diberikan kepada pelaku UMKM diantaranya sinergi dengan pengembangan 8 Mitra Binaan (MB) Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Kab. Lombok Timur senilai Rp 930 juta.

Selain itu, ada 7 MB DPSP Kab. Bima senilai Rp 750 juta, 3 MB Pinky Movement senilai Rp 320 juta, 1 MB sinergi dengan Asosiasi Bussiness Development Services Indonesia (ABDSI) senilai Rp 25 juta dan 11 MB umum dari berbagai sektor senilai Rp 1,4 miliar, meliputi sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa lainnya.

Selain pemberian bantuan pinjaman modal usaha, Pertamina pun memberikan pendampingan dan pembinaan kepada MB dalam bentuk keikutsertaan dalam Pameran dan Pelatihan peningkatan kualitas UMKM. “Pertamina juga terbuka kepada UMKM lain yang ingin mendapatkan bantuan modal untuk pengembangan usaha," pungkas Deden.

Selanjutnya: Ini pendapat MKI soal keberadaan energi nuklir di RUU EBT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×