kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan logistik siap garap pusat berikat


Selasa, 20 Desember 2016 / 11:08 WIB
Perusahaan logistik siap garap pusat berikat


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Kamadjaja Logistic bersiap memulai bisnis pusat logistik berikat (PLB) di awal tahun nanti. Perusahaan yang sudah mendaftarkan diri sebagai PLB per Oktober lalu ini juga sudah memiliki gudang bernama K-Log, seluas 10.000 meter persegi (m²). 

Menurut Ivan Kamadjaja, Chief Executive Officer PT Kamadjaja Logistic, pihaknya menilai,  pusat logistik berikat ini memiliki potensi bisnis. "PLB bisa mempercepat proses logistik yang sudah berjalan," katanya, kepada KONTAN, Minggu (18/2).

Perusahaan ini memang sengaja mengulur waktu pengoperasian pusat logistik berikat di awal tahun nanti lantaran ingin mempersiapkan diri dengan matang. Terutama untuk mempelajari aturan teknis dari pusat logistik berikat tersebut.

Kamadjaja Logistic sudah memiliki calon klien yang bakal bekerjasama dengan perusahaan ini. Sayang, Ivan masih belum bersedia menyebutkan identitas calon pelanggannya. Yang jelas, berasal dari bidang produk makanan (food and beverage) dan produk konsumsi (consumer goods).

Sejauh ini, manajemen Kamadjaja Logistic mengklaim masih belum menghitung proyeksi bisnis dari pusat logistik berikat ini. "Tapi  kalau secara fakta teman-teman kami (pemain logistik di PLB), proyeksinya cukup bagus," paparnya.

Tak mau ketinggalan, PT Lookman Djaja juga akan terjun di bisnis pusat logistik berikat. Menurut Kyatmaja Lookman, Chief Executive Officer PT Lookman Djaja, pihaknya berencana membangun kawasan pergudangan terintegrasi seluas 20 hektare (ha) di atas lahan 35  ha di Cikarang, Jawa Barat.

Lookman Djaja siap mendaftarkan kawasan pergudangan itu menjadi pusat logistik berikat. "Kalau pembangunan gudang sudah rampung, kami daftarkan ikut PLB," tuturnya.

Meski siap terjun di bisnis pusat logistik berikat, Kyatmaja menyebutkan, sejatinya bisnis tersebut  masih menjadi pelengkap bisnis logistik secara keseluruhan. Ini artinya, Lookman Djaja masih memandang penting bisnis logistik yang sudah dijalani selama ini. "PLB itu tidak bisa menggantikan bisnis logistik yang sudah ada," katanya, tanpa merinci lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×