kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45754,18   -2,20   -0.29%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.30%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

PGN perluas pemanfaatan gas bumi lewat kerja sama antar BUMN


Jumat, 14 Agustus 2020 / 09:30 WIB
PGN perluas pemanfaatan gas bumi lewat kerja sama antar BUMN
ILUSTRASI. Karyawan PGN meninjau utilisasi gas yang digunakan pada sebuah industri.

Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebagai bagian dari BUMN dan Holding PT Pertamina (Persero) melaksanakan sinergi antar BUMN lainnya dalam upaya membangun negeri. Caranya melalui pembangunan infrastruktur dan memberikan pelayanan gas bumi di seluruh sektor.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menyampaikan, dalam pembangunan infrastruktur dan pengembangan bisnis gas bumi, PGN Group tentu tidak bisa berjalan sendiri. Kerja sama dan dukungan dengan berbagai pihak, termasuk sesama BUMN, sangat penting untuk menyelaraskan dengan misi PGN.

Dia mengungkapkan, penyerapan gas PGN terbesar dilakukan oleh pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) selaku penyedia listrik nasional.

Pada sektor ini, PLN telah menyerap sekitar 41% dari total penyaluran gas bumi PGN per hari. Pada Triwulan I 2020, PGN menyalurkan gas ke pembangkit listrik lebih dari 200 BBTUD dan mampu menghasilkan kapasitas listrik lebih dari 960 MW yang didukung oleh fasilitas pipa gas maupun regasifikasi LNG.

Baca Juga: Cegah klaster perkantoran akibat Covid-19, ini upaya antisipasi PGN

Implementasi penurunan harga gas juga berdampak pada sektor kelistrikan sesuai dengan Kepmen ESDM 91K/2020. Kebijakan ini diyakini akan mendorong penghematan biaya pokok produksi PLN, sehingga dapat tersedia biaya listrik yang terjangkau bagi masyarakat dan menciptakan efek berganda untuk percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

PLN sendiri merupakan konsumen terbesar PGN dan tanggung jawabnya juga besar untuk menyediakan energi listrik nasional. Maka dari itu, PGN senantiasa berupaya optimal dalam menjaga kualitas infrastruktur dan keamanan pasokan gas.

Proyek strategis regasifikasi LNG untuk pembangkit listrik yang saat ini pun sudah mulai dikerjakan. Harapan PGN, proyek ini dapat semakin mendukung keandalan penyediaan sumber energi yang merata di berbagai wilayah.

“Proses pembangunan saat ini pada tahap Quick Win untuk PLTMG Tanjung Selor, Nias, dan Sorong,” ujar Rachmat dalam siaran pers di situs PGN, Kamis (13/8).

Lebih lanjut, Rachmat menjelaskan bahwa selain pembangkit listrik PLN, sektor industri dan komersial juga merupakan konsumen yang banyak menyerap gas sekaligus berperan penting dalam roda perekonomian nasional.

Bentuk-bentuk stimulus dari pemerintah dilakukan untuk meningkatkan daya saing industri, yang salah satunya melalui kebijakan Kepmen ESDM 89K/2020.

Baca Juga: PGN akan optimalkan utilisasi gas bumi untuk sektor industri

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×