kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,31   -0,22   -0.03%
  • EMAS937.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

PHE ONWJ dan Pertamedika berikan edukasi kesehatan warga Karawang


Senin, 02 September 2019 / 13:34 WIB
PHE ONWJ dan Pertamedika berikan edukasi kesehatan warga Karawang
ILUSTRASI. Menteri Rini Targetkan Penanganan Tumpahan Minyak Selesai September 2019

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Pertamina Hulu Energi - Offshore North West Java (PHE - ONWJ) bekerjasama dengan PT Pertamedika terus meningkatkan pelayanan kesehatan, baik di Posko Kesehatan maupun layanan kesehatan keliling di Karawang, terutama sekitar wilayah terdampak tumpahan minyak.

Salah satunya, Tim Medis Pertamedika melakukan program edukasi kesehatan mengenai penyakit Herpes Zoster  di daerah Muara Beting. Dipimpin oleh dokter Yasifun tim medis memberikan edukasi mengenai awal mula penyakit mucul, penyebabnya, hingga langkah antisipasi mencegah timbulnya  penyakit ini. 

Baca Juga: Pertamina yakin killing well YYA-1 pada September 2019

“Kami menemukan kondisi pasien dengan keluhan gangguan kesehatan kulit atau gatal-gatal. Setelah kami periksa dan dirujuk ke RS Bhakti Husada Cikarang, pasien tersebut terdiagnosa Herpes Zoster yang diakibatkan oleh virus,“ jelas dokter Yasifun dalam siaran pers.

Tak hanya diberikan bagi masyarakat umum, program edukasi  juga menyasar para siswa Sekolah Dasar (SD) yang ada di area terdampak.

Empat sekolah yang didatangi Tim Medis Pertamedika yaitu SD Cemara Jaya 1, Cemara Jaya 2, Cemara Jaya 3 dan SDN Sungai Buntu 1. Para siswa diajarkan mengenai cara mencuci tangan yang benar sekaligus mempraktekkan langsung.  

Di sisi lain, Vice President Relations Pertamina Hulu Energi, Ifki Sukarya menyatakan sejumlah langkah untuk meningkatkan layanan kesehatan terus dilakukan PHE ONWJ dan Pertamedika.

“Kami menyiagakan sembilan posko pelayanan kesehatan yang dipusatkan di sejumlah pantai area terdampak di Karawang. Tenaga medis yang kita terjunkan akan melayani masyarakat baik di posko maupun secara proaktif melalui layanan jemput bola terutama bagi bagi masyarakat terdampak. “ katanya.

Baca Juga: Tahan laju penurunan produksi, SKK Migas gencarkan pelaksanaan EOR

Ifki menambahkan, tim medis tak hanya melakukan daily check up (DCU) kepada masyarakat, namun juga kepada para pekerja, anggota TNI Polri, dan masyarakat yang membantu pembersihan pantai. Selain itu dilakukan juga pembagian masker bagi masyarakat dan pekerja.

Sembilan Posko Pelayanan Kesehatan ini berada di Pantai Sedari, Pantai Cemara Jaya, Pantai Tambaksari, Pantai Tanjung Pakis, Sungai Buntu, Pantai Pusaka Jaya Utara, Pantai Pasir Putih, Puskodal Ciwaru dan Puskodal Pusaka Jaya Utara. Untuk mengantisipasi kondisi emergency telah disiagakan 5 ambulance, didukung oleh 5 dokter dan 37 paramedis beserta obat-obatan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×