kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN berhasil dapatkan bunga rendah dalam penerbitan global bond US$ 1,4 miliar


Senin, 15 Juli 2019 / 14:53 WIB
 PLN berhasil dapatkan bunga rendah dalam penerbitan global bond US$ 1,4 miliar


Reporter: Filemon Agung | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali ke pasar modal internasional (global capital market) dan meraih hasil positif dalam penerbitan global bond senilai US$ 1,4 miliar, dengan harga lebih rendah dari yield di secondary market. 

PLN mengklaim global bond tersebut diterbitkan dengan tingkat bunga terendah sepanjang sejarah penerbitan obligasi berdenominasi dollar AS, baik oleh PLN maupun dari BUMN manapun di Indonesia untuk tenor 10 dan 30 tahun.

Dual-trance global bond berdenominasi dollar AS masing-masing sebesar US$ 700 juta diterbitkan dengan tingkat bunga 3,875% untuk tenor 10 tahun dan 4,875% untuk tenor 30 tahun.

Hasil ini diperoleh setelah PLN berhasil meyakinkan potensial investor melalui serangkaian roadshow ke beberapa negara seperti Hong Kong, Singapura, United Kingdom dan Amerika Serikat sejak tanggal 4 Juli 2019. 

Pada kesempatan kali ini, PLN juga didukung oleh tiga lembaga rating internasional yaitu Moody’s, S&P, dan Fitch Ratings dimana masing-masing memberikan penilaian kualitas kredit obligasi PLN dengan tingkat rating Baa2 , BBB, dan BBB.

Sementara itu, investment grade credit rating global bond PLN dari ketiga lembaga independen internasional tersebut berada pada level yang setara dengan credit rating sovereign pemerintah Republik Indonesia.

Global bond PLN kali ini menjadi rebutan potensial investor dan oversubscribed lebih dari 4,42 kali. 

Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto mengatakan, PLN mampu membaca kondisi terbaik di pasar modal internasional dan mengambil langkah yang cepat dan tepat.

"PLN berhasil memanfaatkan momentum pasar sehingga global bond PLN kali ini tidak hanya mengalami kelebihan permintaan akan tetapi juga mendapatkan tingkat bunga yang sangat kompetitif," ungkap Sarwono, Senin (15/7).

PLN melakukan proses bookbuilding pada 10 Juli 2019 mulai sejak pagi hari waktu pasar Asia dibuka, dan harga final ditentukan pada hari yang sama. 

Pada proses bookbuilding, PLN mendapatkan permintaan order dari 118 institusi investor untuk obligasi tenor 10 tahun dan 131 institusi investor untuk obligasi tenor 30 tahun.

PLN menyebut sebagian besar permintaan berasal dari Amerika Serikat, Eropa, dan Asia. Mayoritas jenis investor tersebut adalah asset manager, asuransi, dana pensiun, dan perbankan internasional.

Proses settlement obligasi tersebut diharapkan akan terjadi pada tanggal 17 Juli 2019 dan terdaftar pada Singapore Stock Exchange (SGX). Dalam mencapai kesuksesan transaksi obligasi internasional kali ini, PLN dibantu oleh beberapa institusi keuangan dan perbankan internasional ternama

Semisal Joint Arrangers dan Joint Bookrunners yaitu ANZ, BNP Paribas, Citigroup, HSBC, Mandiri Securities, dan Standard Chartered Bank.

Selain itu, PLN juga dibantu oleh beberapa co-managers dari Indonesia pada proses penerbitan obligasi tersebut yaitu PT Bahana Sekuritas, PT BNI Sekuritas, dan PT Danareksa Sekuritas.

"Keberhasilan penerbitan global bond dengan tingkat suku bunga yang sangat kompetitif ini juga menjadi pertanda semakin baiknya kepercayaan investor global terhadap PLN dan Indonesia," jelas Sarwono. 

Hasil positif ini menurut Sarwono membuat PLN memperoleh tambahan dana untuk menjalankan penugasan pemerintah untuk membangun tambahan kapasitas pembangkit, transmisi dan distribusi dalam kaitannya dengan Program 35 GW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×