kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN Operasikan Transmisi Baru SUTET 275 KV dan 2 GITET Muara Enim-Gumawang


Jumat, 10 Mei 2024 / 15:58 WIB
PLN Operasikan Transmisi Baru SUTET 275 KV dan 2 GITET Muara Enim-Gumawang
ILUSTRASI. PT PLN (Persero) telah meresmikan beroperasinya Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Muara Enim-Gumawang.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) telah meresmikan beroperasinya Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Muara Enim-Gumawang. SUTET ini dilengkapi dengan dua Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) yang bertujuan untuk meningkatkan pasokan dan keandalan listrik di wilayah Sumatra Selatan dan Lampung.

SUTET Muara Enim-Gumawang ini didukung dengan dua Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) untuk mengoptimalisasikan pasokan aliran listrik ke masyarakat dan memperkuat keandalan listrik di Provinsi Sumatra Selatan dan Lampung.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pembangunan SUTET Muara Enim-Gumawang ini memprioritaskan penggunaan komponen dalam negeri, dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 90,92% untuk SUTET dan 70% untuk GITET.

Melalui Unit Induk Pembangunan Sumatra Bagian Selatan (UIP SBS), PLN telah melakukan penyalaan pertama/ energize SUTET 275 kV yang menghubungkan antara Muara Enim – Gumawang pada Senin (7/5).

"Pembangunan infrastruktur ini menjadi bukti PLN bersama Pemerintah terus berupaya memberikan suplai listrik yang andal dan cukup untuk seluruh masyarakat di tanah air," kata Darmawan dalam keterangan resmi, Jumat (10/5).

Baca Juga: Dirut PLN Indonesia Power Paparkan Strategi Dongkrak Energi Baru Terbarukan

Darmawan menuturkan, pengoperasian SUTET dan GITET berkapasitas 275 kV tersebut tersebut akan menjadi backbone kelistrikan di Sumatra Selatan dan Lampung.

Dengan ini pihaknya yakin kapasitas yang ada akan mampu memenuhi setiap kebutuhan masyarakat. Pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan tersebut dilaksanakan dengan aman dan andal.

"Kami berharap listrik di Sumatra kedepannya akan semakin andal," imbuh Darmawan.

Pembangunan SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang juga didukung oleh dua infastruktur penopang berupa GITET 275 kV Muara Enim dan GITET 275 kV Gumawang 3 x 250 Mega Volt Ampere (MVA).

General Manager PLN UIP SBS, Wahidin, merinci bahwa pembangunan SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang terdiri atas 325 tower yang terhubung secara sistem ke Tol Listrik 275 kV Sumatra dan melintasi Kabupaten Muara Enim, Kabupaten OKU dan Kabupaten OKU Timur.

Tujuannya, SUTET akan menopang sub-sistem Sumbagsel yang saat ini memiliki beban puncak 2.512 Mega Watt (MW). Dengan beroperasinya SUTET, ini akan menambah kapasitas pasokan listrik pada GITET 275 kV Gumawang sebesar 3 x 250 MVA.

"Selain untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik, ini juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi,” kata Wahidin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×