kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN pasok listrik ke jalur kereta api Trans Sulawesi


Kamis, 18 Februari 2021 / 08:14 WIB
PLN pasok listrik ke jalur kereta api Trans Sulawesi
ILUSTRASI. Listrik PLN


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah melistriki lima section pada pembangunan jalur Kereta Api (KA) Trans Sulawesi Makassar-Parepare melalui pemasangan baru dengan total daya 293,2 kilo Volt Ampere (kVA) di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Hal itu sebagai bagian dari dukungan terhadap percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) Awaluddin Hafid menjelaskan, lima stasiun yang telah dilistriki PLN yakni Stasiun KA Barru Kota, Stasiun KA Takkalasi, Stasiun KA Mangkoso, Stasiun KA Palanro, dan Stasiun KA Tanete Rilau. 

Total jaringan yang telah terbangun adalah sepanjang 1,57 kilo meter sirkuit (kms) Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan 4,1 kms Jaringan Tegangan Rendah (JTR) terbentang serta PLN memasang 5 buah trafo dengan total daya 400 kVA untuk mendukung pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi Makassar-Parepare.

"Alhamdulillah PLN berhasil melayani kebutuhan listrik kelima stasiun di Kabupaten Barru, kami berharap dengan adanya pasokan listrik ini dapat mendukung percepatan pembangunan infrastruktur kereta api yang akan beroperasi di tahun 2021," tutur Hafid lewat keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (18/2) malam.

Baca Juga: Karena faktor ini, PLN UID Jateng-DIY undang investor sektor industri  

Site Manager PT LEN (Persero), Franklin Gaspersz mengaku terbantu dengan layanan PLN yang menyelesaikan tugasnya lebih cepat dari target. "PLN merespon baik akan kebutuhan listrik kami dan kami sangat terbantu dengan teralirinya listrik di stasiun yang kami bangun," ungkapnya

Dengan rampungnya pemasangan baru listrik kelima stasiun tersebut, maka tersisa Stasiun Garongkong yang saat ini masih dalam pembangunan fisik untuk selanjutnya akan dialiri listrik PLN.

"PLN berharap agar ke depannya  investor tidak ragu untuk berinvestasi dan berkomitmen dalam melayani serta mendukung kebutuhan listrik ke pelanggan," pungkas Hafid.

Selanjutnya: Kepala BKPM pastikan KIT Batang siap terima investor tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×