kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45964,54   14,39   1.51%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

PLN Pasok Seluruh Kebutuhan Listrik Semen Tonassa


Minggu, 17 April 2022 / 12:49 WIB
PLN Pasok Seluruh Kebutuhan Listrik Semen Tonassa
ILUSTRASI. Direktur Utama Semen Tonasa, Mufti Arimurti, menandatangani Suplemen Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) program Progressive Incentive Captive di Jakarta, Selasa (16/3).


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) berhasil memenuhi kebutuhan listrik PT Semen Tonasa, setelah melakukan pemberian tegangan trafo interbus transformator (IBT) pada Gardu Induk Pangkep kapasitas 2 x 60 MVA senilai Rp 13,75 miliar.

General Manager Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Sulawesi, Munnawwar Furqan, mengatakan trafo IBT memasok kebutuhan listrik Semen Tonasa dan ini menggantikan pembangkit milik korporasi itu.

Menurut Munnawwar, pengoperasian trafo IBT merupakan tindak lanjut dari penandatanganan surat perjanjian jual-beli tenaga listrik (SPJBTL) program progressive incentive captive sebesar 1x25 MW antara PLN dan Semen Tonasa. Dengan demikian, Semen Tonasa dapat mengoptimalkan tenaga listrik dari PLN untuk mendukung proses produksi.

“Kami berupaya selalu memberikan listrik yang andal kepada pelanggan. Dengan adanya trafo IBT, PT Semen Tonasa dapat berfokus pada bisnis intinya,” kata Munnawwar dalam keterangan resmi, Sabtu (16/4). 

Baca Juga: PLN Operasikan Kabel Listrik Bawah Laut Terpanjang di Indonesia

Sebelum program progressive intensive captive berjalan, PLN memasok listrik ke PT Semen Tonasa sebesar 20 MW. Melalui pengoperasian trafo IBT, potensi listrik yang disalurkan PLN ke korporasi itu mencapai 90 MW. 

Pengerjaan relokasi dan peningkatan kapasitas IBT untuk Semen Tonasa yang menjadi konsumen tegangan tinggi berhasil rampung dalam tiga bulan. Waktu pengerjaan itu jauh lebih cepat ketimbang biasanya, yaitu tujuh bulan. PLN sendiri berinvestasi sebesar Rp 13,75 miliar untuk proyek ini. 

“Kami mendukung industri dan konsumen tegangan tinggi di Sulawesi Selatan,” ujar Munnawwar.

Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Arimurti mengungkapkan, pengoperasian trafo IBT ini menjadi momentum untuk menggunakan layanan listrik dari PLN 100 persen dalam mendukung kegiatan Produksi PT Semen Tonasa.

Baca Juga: Beban Puncak Listrik Terus Meningkat, Ini Kata PLN

"Kami berharap agar PLN Selalu memberikan pelayanan listrik yang berkualitas sehingga sinergi dan kolaborasi antar-BUMN terus terbangun,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×