kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45729,74   -6,98   -0.95%
  • EMAS963.000 3,44%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

PLTU Indramayu ujicoba gunakan wood pellet untuk bahan bakar pembangkit


Minggu, 19 Januari 2020 / 19:23 WIB
PLTU Indramayu ujicoba gunakan wood pellet untuk bahan bakar pembangkit
ILUSTRASI. PLTU Indramayu gunakan Wood Pellet

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PLTU Indramayu kini juga sedang melakukan ujicoba penggunaan wood pellet sebagai campuran batubara sebagai bahan bakar pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik. 

Ubaedi menjelaskan bahwa setiap hari PLTU Indramayu rata-rata membutuhkan 4.000 ton batubara per unit, sehingga total jika 3 unit beroperasi kebutuhan mencapai 12.000 ton. Dengan pemanfaatan pellet diharapkan dapat menurunkan penggunaan batubara.

Baca Juga: Raih Proper Hijau, PLTU Indramayu merupakan proyek perdana di Program FTP 1

"Saat ini masih tahapan ujicoba. Kemarin kami coba mencampurkan 5% pelet, dan hasilnya cukup memuaskan," tutur General Manager UBJOM Indramayu, Ubaedi Susanto , dalam siaran pers.

Sasaran inovasi penggunaan pelet ini tidak hanya untuk menghemat biaya pokok penyediaan, tetapi juga menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil. Inivasi ini juga bisa mengurangi sampah dan emisi yang saat ini masih menjadi masalah di beberapa daerah.

Asal tahu saja, selain PLTU Indramayu, terdapat 16 pembangkit PLN yang mendapat Proper Hijau, yaitu PLTGU Priok, PLTU Suralaya 1-7, PLTU Pelabuhan Ratu, PLTP Gunung Salak, PLTU Suralaya 8, PLTU Paiton 9, PLTGU Tambak Lorok, PLTGU Muara Tawar, PLTU Rembang, PLTG Gilimanuk, PLTGU Perak Grati, PLTG Pemaron, PLTU Lontar, PLTGU Keramasan dan PLTU Labuan. 

Bahkan lima pembangkit PLN berhasil mendapatkan Proper emas, yaitu PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Tanjung Jati B, Jepara yang dikelola langsung oleh PLN, PLTU Paiton Unit 1 - 2, Probolinggo dan PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap) Gresik yang dikelola oleh PJB, serta PLTDG (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Gas) Pesanggaran, Denpasar dan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Kamojang Darajat, Kabupaten Bandung yang dikelola oleh IP.

Baca Juga: PLN gandeng Masdar garap PLTS terapung pertama di Indonesia

Proper Emas menjadi penghargaan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.




TERBARU

Close [X]
×