kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,91   -17,61   -1.88%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ponsel layar lipat 5G Huawei Mate X dipastikan rilis bulan Juli 2019


Rabu, 24 April 2019 / 15:46 WIB
Ponsel layar lipat 5G Huawei Mate X dipastikan rilis bulan Juli 2019


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ponsel lipat pertama Huawei, Mate X, resmi diperkenalkan Februari lalu dalam rangkaian acara Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona Spanyol. Saat diperkenalkan, Huawei belum menyebut tanggal pasti kapan ponsel mutakhir ini akan dirilis. 

Huawei hanya menyebut, ponsel ini diperkirakan meluncur sekitar pertengahan tahun mendatang karena menunggu kesiapan jaringan 5G. Nah, baru-baru ini, Huawei  mengumumkan roadmap jaringan 5G diperkirakan akan siap pada Juli mendatang. 

Dalam presentasinya, Huawei menyebutkan bahwa Mate X juga akan dirilis di bulan yang sama, agar bersamaan dengan kesiapan jaringan 5G. Kendati demikian, tanggal persisnya masih belum diungkap.

Selain Mate X yang memang dibekali  konektivitas 5G, Huawei juga dikabarkan akan meluncurkan beberapa ponsel lainnya yang sama-sama mendukung jaringan 5G pada pertengahan Oktober. Salah satun dari ponsel 5G ini adalah Mate 20 X 5G yang juga diumumkan di MWC 2019 lalu. 

Ponsel lain yang kemungkinan mengusung jaringan 5G adalah Mate 30 dan seri Nova, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Radar, Rabu (24/4). Saat dibentangkan, layar Huawei Mate X memiliki diagonal 8 inci. Ukurannya akan menyusut 6,6 inci saat dilipat (ke arah luar). 

Ponsel ini ditenagai chip paling tangguh buatan Huawei, Kirin 980, berikut modem 5G Balong 5000 yang mendukung frekuensi sub-6GHz dan mmWave untuk konektivitas 5G, berikut teknologi jaringan 4G, 3G, dan 2G (multi-mode). 

Ada tiga kamera yang tersedia di Mate X, masing-masing beresolusi 40 megapiksel, 16 megapiksel ultra wide, dan 8 megapiksel telephoto. Huawei Mate X dibanderol 2.299 Euro atau sekitar Rp 36,4 juta. 

Belum diketahui negara mana saja yang akan menjadi target pemasaran Mate X. Perwakilan Huawei di Indoensia sempat mengungkapkan bahwa ponsel lipat tersebut berpeluang dipasarkan di Tanah Air. 

Namun Huawei masih enggan mengatakan kapan akan mulai tersedia di Indonesia. Meski Indonesia belum siap untuk jaringan 5G, namun Mate X juga menyediakan pilihan jaringan LTE yang sudah ada secara meluas di Indonesia. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ponsel Layar Lipat 5G Huawei Mate X Dipastikan Rilis Bulan Juli"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×