kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,33   -7,16   -0.78%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Porsi penjualan mobil Honda secara online mencapai 50%


Kamis, 09 Juli 2020 / 15:46 WIB
Porsi penjualan mobil Honda secara online mencapai 50%
ILUSTRASI. Penjualan mobil Honda. REUTERS/Toru Hanai/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD PACKAGE - SEARCH 'BUSINESS WEEK AHEAD MAY 9' FOR ALL IMAGES


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda, PT Honda Prospect Motor (HPM) menunjukkan geliat penjualan positif di bulan Juni 2020. Bahkan tren pemasaran produk mobil Honda mulai bergeser lewat saluran online.

Hingga bulan Juni lalu, tercatat lebih dari 50% dari total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online. Menurut Yusak Billy, Direktur Marketing & Sales HPM porsi penjualan online terus meningkat, dimana pada periode normal tahun lalu kontrubusinya hanya sekitar 3% dari volume penjualan Honda.

Baca Juga: Ini 3 mobil bekas yang paling dicari di situs online saat pandemi

Lalu dua-tiga bulan kemarin, saat pandemi diumumkan porsinya bisa mencapai 20%-30%. "Kami harapkan kontribusinya terus meningkat, kami juga akan terus evaluasi dan kembangkan media digital kami," ujarnya saat virtual conference perusahaaan, Kamis (9/7).

Saluran online yang tersedia mulai dari website resmi perusahaan, media sosial diler maupun e-commerce. Memang tidak sepenuhnya proses yang dilakoni pelanggan lewat jalur daring, terkadang di tengah-tengah ada test drive yang mengharuskan pelanggan datang ke diler-diler terdekat.

"Namun journey awalnya, pencarian produk lewat online, ini sudah jadi tren dan kenyamanan tersendiri bagi konsumen kami, terutama yang di Jabodetabek," sebut pria yang sering disapa Billy. Area Jabodetabek memang menjadi market utama HPM, sebanyak 24% penjualan mobilnya berasal dari area tersebut.

Adapun sepanjang bulan Juni 2020, Honda mencatat penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia, meningkat 93% dibandingkan penjualan pada bulan Mei. Kontribusi terbesar penjualan di bulan Juni berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit, yang sekaligus memberikan kontribusi hingga 52% dari total penjualan seluruh model Honda.

Baca Juga: Sedikit lagi, Tesla segera merealisasikan teknologi mengemudi otonom

Selain itu, Honda HR-V terjual sebanyak 343 unit, Honda Jazz sebesar 293 unit, Honda CR-V sebanyak 192 unit dan Honda Mobilio sebesar 164 unit. Sementara itu Honda BR-V terjual 66 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 52 unit. 

Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 26 unit disusul Honda Accord sebanyak 20 unit, Honda City sebanyak 14 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 4 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×