Reporter: Margareta Engge Kharismawati |
JAKARTA. Produk-produk komputer dengan harga di bawah Rp 6 juta per unit mendominasi pasar personal computer (PC) di Indonesia . Data ini berdasarkan riset Growth For Knowledge (GFK) pada Agustus 2012.
"Berdasarkan data GFK bulan Agustus lalu, dilihat dari segmen harga, 60% dari pasar Indonesia adalah produk enam juta ke bawah," ucap Notebook Lead Personal Systems Group Hewlett Packard (HP) Indonesia Cynthia Defjan, Senin (29/10) di Jakarta.
Untuk HP sendiri, kata Cynthia, produk notebook berkontribusi paling besar di antara produk-produk PC lainnya. Namun sayangnya, ia enggan memberi tahu berapa persentase kontribusinya.
Cynthia menyebutkan, HP hingga sekarang ini sudah mengeluarkan 60 varian produk notebook PC. Pengguna terbesarnya adalah konsumer, yakni sebanyak 60%-70%.
Oleh sebab itu, HP melihat potensi pasar yang besar terhadap notebook dengan harga yang terjangkau. Untuk memanfaatkannya, HP kembali meluncurkan satu lagi notebook yang ramah di kantong.
"Melihat dinamika dari pasar Indonesia dikeluarkanlah HP Pavilion Sleekbook 14," tukas Cynthia.
HP Pavilion Sleekbook ini memang dilepas ke pasar Indonesia dengan harga di bawah Rp 6 juta per unit, yakni Rp 3.599.000 (untuk prosesor AMD Accelerated) dan Rp 6.099.000 (untuk prosesor Intel Core i3).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News