kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,19   -7,17   -0.77%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produk laptop baru bermunculan di Mega Bazaar


Sabtu, 12 Maret 2011 / 22:58 WIB
ILUSTRASI. IHSG dalam tekanan


Reporter: Veri Nurhansyah Tragistina | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Pameran tahunan, Mega Bazaar, menjadi ajang produsen laptop untuk memamerkan produk barunya. PT Zyrexindo Mandiri Buana misalnya, telah berani menjual produk anyarnya yaitu Zyrex Cruiser WT4823D secara indent. Padahal, produk tersebut belum secara resmi diluncurkan ke publik. "Ini semacam pengenalan awal kepada masyarakat" ujar Pigsy Laura, Marketing Communication Zyrex kepada KONTAN.

Pigsy mengklaim produk baru itu sangat bagus dari sisi performa, tapi dapat dibeli dengan harga terjangkau. Zyrex Cruiser dilengkapi Intel Core i3-2310M dengan kecepatan mencapai 2,10 Ghz. Ini ditunjang dengan kapasitas RAM yang sebesar 4 gigabyte. "Dengan spesifikasi yang bagus itu, konsumen hanya perlu mengeluarkan Rp 5,9 juta," kata Pigsy.

Zyrex juga mengeluarkan netbook merek SKY LM1211. Pigsy bilang, produk ini merupakan netbook yang sangat murah di pasaran Indonesia, yaitu hanya dijual dengan harga Rp 2,299 juta. Meski murah, spesifikasi netbook ini cukup lumayan yaitu dilengkapi prosesor Intel Atom N455 1,66 Ghz dan kapasitas memori yang 1 Gb. Khusus untuk pameran, Zyrex memberikan harga khusus bagi pelajar dan mahasiswa yaitu seharga Rp 1,999 juta. "Seluruh pelajar dan mahasiswa pasti mendapatkan harga sebesar itu, syaratnya harus membawa kartu pelajar," jelasnya.

Selain mengeluarkan notebook dan netbook baru, Zyrex juga mengeluarkan produk tabletnya yang berlabel OnePad. Pigsy bilang, tablet ini sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2010 lalu. Sambutan pasar terhadap OnePad cukup baik. Nah, di Mega Bazaar 2011, Zyrex memperbaharui tabletnya ini terutama dari sisi sistem operasinya. "Sekarang, OnePad sudah dilengkapi dengan Android 2.2 (froyo)," kata Pigsy. OnePad sendiri dibanderol dengan harga Rp 3,999 juta.

Produsen yang lain yaitu Acer juga tidak mau ketinggalan mengeluarkan produk baru. Acer meluncurkan netbook Aspire One 522. Bendy, General Manager PT. Inovasi Mediatama (main-dealer Acer), mengatakan netbook ini ditujukan untuk menyasar kalangan pasar menengah bawah. Terbukti dari banderol harganya yang hanya Rp 2.599 juta.


Di Mega Bazaar 2011, netbook itu sangat diminati. Bendy bilang, dalam sehari ia bisa menjual sekitar 70 unit Aspire One 522. "Yang beli kebanyakan para pelajar," jelasnya. Selain netbook itu, produk Acer lain yang cukup laku adalah Aspire 3820T-372G50n yang dibanderol US$ 749. "Kalau notebook ini kan untuk kalangan menengah atas, jadi yang beli kebanyakan para pekerja kantoran," jelas Bendy.

Lenovo menempuh jalur berbeda dalam Mega Bazaar kali ini. Lenovo tidak mengeluarkan produk baru tapi hanya menambah fitur tambahan dari produk laptopnya. Untuk notebook jenis ThinkPad X201t misalnya, dilengkapi fasilitas dock yaitu panel untuk menyimpan baterai cadangan dan DVD player. Konsumen bisa mendapatkan paket tersebut dengan harga yang sama yaitu sebesar US$ 1.899. "Ini khusus di pameran saja, kalau beli di luar pameran harga segitu tanpa dock," jelas Kodir, pemilik Vstore (main-dealer Lenovo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×