kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.250.000   11.000   0,49%
  • USD/IDR 16.640   37,00   0,22%
  • IDX 8.140   21,59   0,27%
  • KOMPAS100 1.116   -2,74   -0,25%
  • LQ45 782   -2,78   -0,35%
  • ISSI 287   0,98   0,34%
  • IDX30 411   -1,53   -0,37%
  • IDXHIDIV20 463   -3,28   -0,70%
  • IDX80 123   0,03   0,02%
  • IDXV30 133   -0,26   -0,19%
  • IDXQ30 129   -0,89   -0,69%

Produk Rumah Tangga Indonesia Tembus Pasar Filipina & Rumania, Nilai Tembus Rp 6,7 M


Senin, 06 Oktober 2025 / 19:05 WIB
Produk Rumah Tangga Indonesia Tembus Pasar Filipina & Rumania, Nilai Tembus Rp 6,7 M
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Budi Santoso (kanan) melepas ekspor produk Moorlife di Nganjuk, Jawa Timur, Jumat (3/10/2025). Moorlife yang merupakan produsen wadah makanan minuman plastik berkualitas asli Indonesia tersebut melakukan ekspor perdana ke Rumania dan Filipina dengan nilai total 412.000 USD. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/YU


Reporter: Shintia Rahma Islamiati | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produk peralatan rumah tangga berbahan plastik merek Moorlife dari PT Mitramulia Makmur (MMM) asal Nganjuk, Jawa Timur, mengekspor empat kontainer senilai US$ 411,73 ribu atau setara Rp 6,7 miliar ke Filipina dan untuk pertama kalinya ke Rumania.

Menteri Perdagangan Budi Santoso mengatakan, kinerja ekspor yang terus meningkat ini turut berkontribusi pada target pertumbuhan ekonomi nasional.

“Peningkatan ekspor juga berdampak pada meningkatnya produksi dalam negeri dan penyerapan tenaga kerja,” ujar Budi dalam keterangannya, Senin (5/10/2025).

Baca Juga: Industri Tekstil dan Alas Kaki Pulih, Ekspor Tembus US$ 13,17 Miliar

Budi menegaskan, produk Indonesia semakin kompetitif di pasar global, terlihat dari pergeseran struktur ekspor nasional yang kini lebih banyak berasal dari industri pengolahan dibanding sektor pertambangan. Produk UMKM juga semakin banyak menembus pasar ritel domestik.

“Produk Indonesia terbukti memiliki daya saing. Dengan kualitas yang baik, kita tidak hanya mampu menembus pasar ekspor, tetapi juga memperkuat pasar dalam negeri dan membendung produk impor,” tambahnya.

Hingga Agustus 2025, Kemendag telah memfasilitasi 462 kegiatan penjajakan bisnis dengan total transaksi mencapai US$ 90,9 juta. Sebanyak 70% UMKM yang berpartisipasi merupakan eksportir baru, dan sebagian besar transaksi dilakukan secara daring.

Berdasarkan data BPS, nilai ekspor nasional produk perangkat makan dan dapur berbahan plastik (HS 39249090) pada Januari–Juli 2025 tercatat US$ 13,79 juta, dengan tren pertumbuhan 22,19% dalam lima tahun terakhir. Ekspor ke Filipina mencapai US$ 98,18 ribu, sedangkan ke Rumania US$ 101,17 ribu.

Baca Juga: Hermanto Tanoko Siap Boyong Perusahaan Kimia Untuk IPO

Pendiri dan Presiden Moorlife, Hermanto Tanoko, menegaskan ekspor perdana ke Rumania mencerminkan komitmen perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar internasional.

“Kini Moorlife hadir di berbagai belahan dunia, bahkan sampai ke Rumania. Dukungan Kemendag memberikan energi baru bagi kami untuk memperkuat posisi sebagai jenama lokal berkualitas global,” ujarnya.

Selanjutnya: WTO Menangkan Indonesia, Jalan Ekspor Baja Nirkarat ke Eropa Terbuka Kembali

Menarik Dibaca: 5 Makanan yang Mengurangi Risiko Penurunan Kognitif Setelah Usia 55 Tahun, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×