kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.514.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.850   25,00   0,16%
  • IDX 7.114   -85,89   -1,19%
  • KOMPAS100 1.086   -16,05   -1,46%
  • LQ45 857   -16,69   -1,91%
  • ISSI 217   -2,23   -1,02%
  • IDX30 439   -9,02   -2,02%
  • IDXHIDIV20 526   -12,72   -2,36%
  • IDX80 124   -1,94   -1,54%
  • IDXV30 127   -5,04   -3,83%
  • IDXQ30 145   -3,06   -2,06%

Program Diskon Mobil Baru Bertebaran Jelang Akhir Tahun 2024


Minggu, 01 Desember 2024 / 17:26 WIB
Program Diskon Mobil Baru Bertebaran Jelang Akhir Tahun 2024
ILUSTRASI. Sejumlah produsen mobil berlomba memberikan diskon bagi para pembeli jelang akhir tahun 2024


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menjelang akhir tahun, beberapa model mobil baru ditawarkan ke konsumen dengan harga diskon atau iming-iming promo menarik lainnya. Hal ini dilakukan demi mendongkrak penjualan mobil pada sisa 2024.

Dalam catatan Kontan, Daihatsu menawarkan diskon pada model Low Cost Green Car (LCGC) ketika ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, misalnya Ayla dan Sigra mendapat potongan harga mulai dari Rp 10 juta. Model-model lain seperti Xenia, Rocky, dan Terios juga memperoleh diskon mulai dari Rp 15 juta.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono mengatakan, pada prinsipnya program-program penjualan Daihatsu yang salah satunya berbentuk diskon diberikan kepada konsumen dengan mempertimbangkan kompetisi di tiap model mobil.

Besaran diskon atau model yang dikenakan diskon juga sangat dinamis lantaran menyesuaikan perkembangan pasar dan kompetisi di industri otomotif itu sendiri.

“Bentuk program penjualan, baik berupa diskon, paket kredit, maupun gimick undian berhadiah dilakukan untuk mendorong peningkatan penjualan mobil baru,” ujar dia, Kamis (28/11).

Baca Juga: Wuling Motors Gandeng DHL untuk Perkuat Ketersediaan Suku Cadang

Honda juga menebar diskon pada mobil barunya jelang akhir tahun ini. Dealer Honda di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan diskon pembelian mobil baru seperti Brio, HR-V, CR-V, dan City Hatchback hingga puluhan juta rupiah.

Selain diskon, Honda juga menyediakan paket uang muka atau down payment (DP) ringan yakni 20% dari harga jual serta cicilan ringan yang bisa disesuaikan dengan bujet calon konsumen. Pihak konsumen juga dapat memilih tenor cicilan yang fleksibel, mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengonfirmasi, pada dasarnya teknis program diskon diatur oleh dealer-dealer Honda di tiap daerah dengan mempertimbangkan stok mobil yang tersedia dan permintaan dari calon konsumen.

Billy pun menyarankan para konsumen untuk melakukan pembelian mobil pada akhir tahun ini, mengingat ada banyak program penjualan yang sangat meringankan dan memudahkan konsumen dalam memiliki mobil baru.

“Pembelian mobil di akhir tahun juga untuk menghindari kenaikan harga pada awal tahun depan karena pajak yang berubah,” ungkap dia, Kamis (28/11).

Sementara itu, dealer Toyota di Jakarta turut memberikan diskon pada beberapa modelnya jelang akhir tahun 2024. Misalnya, Kijang Innova Zenix HEV ditawarkan dengan diskon Rp 20 juta, sedangkan Yaris Cross HEV mendapat diskon Rp 25 juta.

Baca Juga: Begini Upaya Kemenperin Atasi Kendala Rantai Pasok Industri Otomotif

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, program-program yang berkaitan dengan diskon harga jual mobil sepenuhnya menjadi kewenangan dealer. Artinya, TAM tidak terlibat dalam pengambilan keputusan tersebut.

Terlepas dari itu, Anton menyebut, TAM juga menyediakan beragam promo menarik bagi konsumen yang membutuhkan mobil baru pada akhir tahun ini. Sebagai contoh, ketika ajang GJAW 2024 berlangsung, Toyota menghadirkan promo berupa bunga 0% atau 2,9% hingga cicilan 3 tahun.

Selain itu, ada program DP ringan minimal 20%, cashback hingga Rp 2,5 juta, dan lucky draw hingga Rp 1,5 juta untuk konsumen yang melakukan tukar tambah (trade in).

“Dengan adanya program-program ini, harapannya masyarakat bisa memilih solusi mobilitas yang tepat sesuai kebutuhannya masing-masing,” kata dia, Jumat (29/11).

Dia menambahkan, promo penjualan menjadi salah satu strategi bagi Toyota untuk menghadirkan paket produk yang lebih kompetitif bagi konsumen. Dengan demikian, para konsumen dapat tertarik membeli mobil baru Toyota sehingga pada akhirnya penjualan merek tersebut meningkat hingga tutup tahun 2024.
 

Selanjutnya: Inflasi 2025 Diproyeksi Naik, Imbas Cukai Minuman Manis Hingga Konsumsi yang Membaik

Menarik Dibaca: 4 Mitos Kulit Sensitif yang Tidak Boleh Anda Percaya, Cari Tahu Yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×