kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Promo Tiket Kereta Cepat Whoosh Bakal Berakhir Bulan Ini, Desember Bakal Naik?


Jumat, 24 November 2023 / 06:14 WIB
Promo Tiket Kereta Cepat Whoosh Bakal Berakhir Bulan Ini, Desember Bakal Naik?
ILUSTRASI. Per 30 November 2023 mendatang, promo tiket kereta cepat Jakarta-Bandung sebesar Rp 150.000 untuk kelas premium ekonomi akan berakhir. ANTARA FOTO/Hreeloita Dharma S


Reporter: kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Per 30 November 2023 mendatang, promo tiket kereta cepat Jakarta-Bandung sebesar Rp 150.000 untuk kelas premium ekonomi akan berakhir. Promo ini diberlakukan sejak 18 Oktober lalu. 

Lalu, apakah promo tiket ini akan diperpanjang? Apakah harga tiket kereta cepat Whoosh pada bulan depan akan naik? 

Menjawab hal tersebut, Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, KCIC akan memberikan promo dengan skema lain begitu masa promo tiket Rp 150.000 berakhir pada 30 November mendatang. 

Adapun promo yang akan berlaku akan membuat harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi lebih bervariasi. 

"Akan ada promo selanjutnya dengan tarif yang bervariasi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Rabu (22/11/2023). 

Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai besaran tarif yang akan diberlakukan mulai bulan depan. 

"Untuk besaran tarif akan kami infokan segera," tambahnya. 

Baca Juga: Inilah 4 Intermoda di Stasiun Kereta Halim

Dia menjelaskan, kereta cepat Whoosh merupakan layanan kereta komersial sehingga penetapan harga tiket akan menggunakan strategi dynamic pricing di mana harga tiket tergantung pada kondisi pasar. 

Selain itu, penetapan harga tiket juga akan mengikuti pola permintaan dan strategi perusahaan dengan menggunakan perhitungan dan kajian yang tepat. 

Artinya, besaran harga tiket kereta cepat Whoosh akan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti jam perjalanan, waktu pemesanan, okupansi kereta, dan rute yang dipilih. 

Apabila faktor-faktor tersebut menunjukkan permintaan akan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung sedang tinggi maka kemungkinan harga tiket dapat naik. 

"Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tarif kereta cepat whoosh di antaranya jam perjalanan apakah di jam sibuk atau tidak sibuk; waktu pemesanan, apakah jauh hari atau menjelang keberangkatan; okupansi kereta, apakah kereta dipesan saat sudah menjelang penuh atau saat okupansi masih rendah; rute yang diinginkan, apakah termasuk rute favorit atau tidak; dan berbagai faktor-faktor penentu lainnya," jelasnya.

Sebagai informasi, sejak beroperasi secara komersial pada 17 Oktober 2023, animo masyarakat untuk menggunakan kereta cepat Jakarta-Bandung cukup besar. Hal ini terlihat dari jumlah perjalanan harian yang terus bertambah dari awalnya 14 perjalanan kemudian bertahap bertambah menjadi 36 perjalanan per hari. 

Baca Juga: Menhub: Warga Malaysia Juga Antusias Menjajal Whoosh

Terlebih lagi, selama sebulan pertama ini KCIC menerapkan tarif promo sebesar Rp 150.000 untuk tiket kereta cepat Whoosh kelas premium ekonomi. 

Adapun hingga 21 November 2023, Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mengangkut penumpang sebanyak 472.000 penumpang dengan rata-rata okupansi penumpang mencapai 80-99 persen pada setiap rangkaian yang beroperasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Promo Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 150.000 Berakhir Bulan Ini, Desember Harga Naik?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×