kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,98   -12,52   -1.36%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Ditargetkan Rampung Tahun Depan


Rabu, 16 November 2022 / 22:11 WIB
Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Ditargetkan Rampung Tahun Depan
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11/2022).


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar  Pandjaitan menargetkan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bisa rampung tahun depan. Dia dan pihak National Development Reform Commission (NDRC) dari China terus berkoordinasi untuk memastikan agar penyelesaian proyek berjalan sesuai  target. 

“Izinkan saya melaporkan progres pembangunan kereta cepat saat ini sudah mencapai 80,40%,” ujar Luhut dalam acara uji coba kereta cepat secara virtual yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping dalam pertemuan bilateral antar keduanya di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Bali, pada Rabu (16/11).

Menko Marves Luhut Pandjaitan memaparkan proyek kereta cepat di hadapan Presiden Jokowi dan Xi Jinping di Bali.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan sistem kontrol kereta Chinese Train Control System Level 3 (CTCS-3) dan fitur cabin noise yang mampu meredam getaran dan kebisingan secara optimal walau dalam laju sangat cepat. KCJB mampu melesat dengan kecepatan 420 km/jam dan kecepatan operasional 350 km/jam. 

Baca Juga: Usai Teken Kerjasama dengan 3 Negara, MRT Jakarta Siapkan Rencana Aksi Lanjutan

KCJB bakal menghubungkan Jakarta dan Bandung dengan waktu tempuh 36 menit, jauh lebih cepat dibandingkan durasi 3 jam dengan kereta api konvensional. Pengoperasian KCJB disebut-sebut bakal membuat Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mengoperasikan kereta cepat.

Pada uji coba operasional ini, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengoperasikan Kereta Inspeksi yang meluncur mulus sepanjang 15 kilometer dari Stasiun Tegalluar Bandung menuju Casting Yard 4 di atas jalur uji KCJB.

Uji coba dinamis kereta cepat dari Stasiun Tegalluar Bandung, Rabu (16/11).
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×