kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

PT KCI ikut sosialisasi virus corona di sejumlah stasiun KRL Commuter line


Selasa, 03 Maret 2020 / 00:01 WIB
PT KCI ikut sosialisasi virus corona di sejumlah stasiun KRL Commuter line
ILUSTRASI. Penumpang menunggu KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai melakukan rekayasa 45 perjalanan KRL Bogor dan Bekasi menuju Stasiun Jakarta Kota, hanya sampai Stasiun Manggarai dari tanggal 14 sampai 23 F


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring dengan pengumuman Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ditemukannya pasien yang positif terinfeksi virus Corona, membuat banyak pihak bergegas melakukan langkah antisipasi demi mencegah penyebaran virus.

Sejalan dengan masyarakat setempat, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) juga turut peduli terhadap pencegahan dan penyebaran virus Corona.

Untuk itu, sejak 3 Februari 2020 lalu hingga saat ini, PT KCI juga telah melakukan berbagai macam kegiatan terkait dengan sosialisasi virus Corona, serta melakukan langkah antisipasi penyebaran virus di berbagai stasiun.

Baca Juga: Masih banjir, rekayasa perjalanan KRL Commuter Line masih berlanjut hari ini

"Di dalam kegiatan antisipasi ini, petugas kesehatan PT KCI melakukan pembagian masker gratis kepada pengguna jasa KRL, serta melakukan sosialisasi dan edukasi tentang cara mencuci tangan yang bersih, etika bersin/batuk di tempat umum, serta pemasangan media sosialisasi terkait virus corona dan pencegahannya di 80 stasiun KRL," ujar VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba di dalam keterangan tertulis, Senin (2/3).

Adapun pada 3 Februari 2020 lalu, pembagian masker gratis kepada pengguna jasa serentak dilakukan di Stasiun Tanah Abang, Bogo, Juanda, Kebayoran, Bekasi, Sudirman, Sudimara, Manggarai, Cakung, Tebet, Jakarta Kota, Duri, Depok Baru, Cikini, Gondangdia, Pasar Minggu, Serpong, Klender, Rangkasbitung, Maja, Parung Panjang, Bojong Gede, Depok, serta Tangerang.

Pembagian masker gratis pun dilanjutkan pada tanggal 12 Februari 2020 lalu di Stasiun Cikarang, Lenteng Agung, Cisauk, Kampung Bandan, dan Bekasi Timur.

Di hari berikutnya, pembagian masker dilakukan di Stasiun Kranji, Palmerah, Mangga Besar, Citayam, Duren Kalibata, dan Jurang Mangu.

Baca Juga: Hindari ancaman virus corona, ini 5 tempat wisata alternatif rekomendasi RedDoorz

"Kegiatan pembagian masker ini terus dilakukan sampai saat ini kepada pengguna jasa. Tidak hanya sosialisasi dan edukasi saja yang dilakukan PT KCI dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona tersebut," papar Anne.

Di dalam hal penyiapan sarana KRL, sesaat sebelum dan sesudah beroperasi akan dilakukan pencucian kereta dengan standar kebersihan yang sudah ditetapkan dan menggunakan bahan kimia tertentu yang mengandung disinfektan untuk mencegah penyebaran virus. PT KCI juga menyiagakan petugas On Train Cleaning (OTC) yang secara rutin menjaga kebersihan di dalam gerbong KRL.

"PT KCI juga secara rutin melakukan imbauan melalui akun media sosial, memberikan pengumuman di stasiun dan di dalam KRL terkait dengan pencegahan penyebaran virus Corona, menjaga kebersihan di lingkungan stasiun dan kereta, imbauan penggunaan masker saat sedang flu, batuk, atau dalam masa penyembuhan, serta larangan meludah sembarang di area stasiun dan di dalam kereta," kata Anne.

Baca Juga: Upaya Anies Baswedan tangkal virus corona di wilayah Ibukota

Saat ini, PT KCI sedang menyiapkan pengumuman terkait dengan pencegahan penyebaran virus Corona di PID/TV KRL agar dapat disosialisasikan secara langsung kepada para pengguna jasa.

Tak hanya itu, kata Anne, bagi para pengguna jasa KRL yang memiliki keluhan kesehatan, juga dapat mengunjungi pos kesehatan yang tersebar di 30 stasiun KRL. Nantinya, petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan kepada pengguna jasa KRL yang memiliki keluhan.

Apabila keluhannya berat, petugas kesehatan akan mendampingi hingga pengguna jasa mendapatkan rujukan ke rumah sakit terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×