kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PT Pelni catat layanan parsel Redpack naik 85% dibandingkan tahun lalu


Jumat, 18 Juni 2021 / 13:19 WIB
PT Pelni catat layanan parsel Redpack naik 85% dibandingkan tahun lalu
ILUSTRASI. Layanan muatan barang kapal penumpang Redpack PT Pelni


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) mencatatkan adanya tren positif pada kinerja muatan barang di kapal penumpang.

Hingga 17 Juni 2021, layanan parsel Redpack menunjukkan peningkatan sebesar 85% atau naik dari 171.424 kg di tahun 2020 menjadi 317.698 kg di tahun 2021 pada periode yang sama.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Yahya Kuncoro meyakini bahwa layanan parsel yang menawarkan kelebihan end to end logistik ini kelak akan menjadi pilihan fleksibel bagi pengiriman melalui moda laut.

"Muatan Redpack terus mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir. Pada Semester 1-2019 muatan Redpack hanya mencapai 74.569 kg,” jelas Yahya di Jakarta, Jumat (18/6).

Baca Juga: Rekor, Pelni angkut 56 kontainer beras menuju tiga daerah 3TP

Perusahaan mencatatkan hingga 17 Juni 2021, kenaikan terjadi pada seluruh muatan barang di kapal penumpang. Perusahaan telah mengangkut muatan kontainer di kapal penumpang sebesar 5.009 TEUs, yaitu naik 894 TEUs atau naik 21.7% dibanding tahun 2020 pada periode yang sama.

“Alhamdulillah, jelang akhir Semester I-2021 terjadi kenaikan muatan barang di kapal penumpang, baik itu Container, General Cargo, Kendaraan dan layanan Redpack. Kami selalu memastikan bahwa pendistribusian logistik dapat terkirim dengan aman, efektif dan pengiriman tepat waktu sesuai dengan emplooi kapal,” tutur Yahya.

Selain adanya kenaikan muatan kontainer di kapal barang dan kapal penumpang, kenaikan juga terjadi pada General Cargo yaitu naik 3.056 Ton/m3 atau naik sebesar 25%.

Peningkatan juga terjadi pada muatan kendaraan yaitu kenaikan sebanyak 1.571 kendaraan atau naik sebesar 40%.

PT Pelni sebagai perusahaan pelayaran dan logistik maritim selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, terutama saat ini Perusahaan sedang berfokus pada bidang logistik.

Masyarakat dapat memanfaatkan 9 kapal tol laut dan 26 kapal penumpang untuk pengiriman dan pendistribusian barang yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara.

“Kami mengajak masyarakat terutama pelaku UMKM untuk terus memanfaatkan pengiriman menggunakan kapal Pelni. Ada banyak layanan yang bisa dipilih, yaitu General Cargo, Redpack, Dry and Reefer Container. Selain itu, masyarakat juga bisa mengirim kendaraan melalui kapal penumpang 3 in 1 yaitu KM Dobonsolo, KM Ciremai dan KM Egon,” tuturnya.

Yahya menambahkan, pada kapal penumpang juga terdapat layanan kelebihan bagasi (over bagasi), yaitu setiap barang bawaan penumpang yang melebihi ketentuan bagasi bebas.

Layanan over bagasi yang diizinkan dengan volume setara 0,1 m3 atau ukuran 70 cm x 40 cm x 35 cm dan berat maksimum 40kg. Jika melebihi ukuran dan berat tersebut serta tidak memenuhi persyaratan sebagai barang bawaan penumpang maka akan dialihkan menggunakan Redpack.

“Kami juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan porter mengenai over bagasi serta tata cara pembayarannya melalui mesin EDC pada empat cabang sebagai pilot project, yaitu Tanjung Priok, Surabaya, Makassar dan Baubau,” tambah Yahya.

Hadirnya aplikasi MyCargoo yaitu platform digital untuk muatan logistik sebagai inovasi PELNI juga akan mempermudah shipper untuk melihat secara detail slot cargo yang tersedia secara realtime dan tracking muatan.

“Tentunya ini akan memudahkan proses booking dan reservasi muatan selain melalui Website cargo.Pelnilogistic.co.id dan loket Kantor Cabang PT Pelni,” pungkas Yahya.

Sebagai informasi, PT Pelni menyediakan empat layanan logistik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengirim. Layanan tersebut adalah door to door (full service), door to port, port to door, dan port to port.

Baca Juga: Pelni resmikan rumah kelola sampah di Baubau, Sulteng

Kemudahan layanan juga tidak hanya pada saat pemesanan muatan, tetapi pada saat pembayaran yaitu yang didukung secara cashless melalui internet banking, mobile banking, dan ATM.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas.

Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PelniI mengoperasikan 9 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×