kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,11   6,96   0.73%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Punya potensi besar, Media Nusantara (MNCN) kembangkan bisnis gaming dan e-sport


Selasa, 07 September 2021 / 20:16 WIB
Punya potensi besar, Media Nusantara (MNCN) kembangkan bisnis gaming dan e-sport
ILUSTRASI. Rapat Umum Pemegang Saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN)


Reporter: Vina Elvira | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) kian serius mengembangkan bisnis gaming dan E-Sport sebagai roda penggerak pertumbuhan kinerja perseroan. Untuk itu, MNCN mendirikan PT E-Sport Start Indonesia (ESI) guna mendukung keseriusan perseroan dalam menggarap potensi bisnis gaming dan E-Sport ke depan.   

Direktur Utama Media Nusantara Citra Noersing menyatakan, pertumbuhan gamer di seluruh dunia diperkirakan bisa mencapai 3 miliar user di tahun ini. Sementara untuk Indonesia, total gamer diproyeksikan lebih dari 110 juta user. 

Pendapatan dari gaming di Tanah Air pun disebut akan melebihi US$ 2 miliar di tahun 2021. Dengan rata-rata pertumbuhan sekitar 25%-35% untuk 2 sampai 3 tahun ke depan. Sehingga, potensi pertumbuhannya pun dinilai sangat pesat setiap tahunnya.

"Kami melihat fakta ini sebagai potensi luar biasa bagi industri gaming dan e-sport. Jadi kami mulai di tahun 2019 dengan memproduksi dan menyiarkan acara gaming dan e-sport antara lain, Piala Presiden E-sport pada tahun 2019 dan 2020," kata Noersing dalam Paparan Publik Virtual, Selasa (7/9).

Baca Juga: Catat jadwal pembagian dividen Media Nusantara Citra (MNCN) total Rp 120,4 miliar

Selain itu, MNCN juga telah bekerjasama dengan Garena, pengembang game online Singapura, untuk memproduksi profesional e-sport competition, yaitu Free Fire Master Leauge yang telah tayang selama tiga season di salah satu FreeTo Air (FTA) MNCN, yakni GTV serta RCTI+. 

 

 

"Kemudian kami juga melahirkan talent sports, E-sport Star Indonesia season pertama di tahun 2020, yang sangat sukses menarik lebih dari 27.000 partisipan dari seluruh Indonesia," sambungnya.

Saat ini perseroan tengah menyiapkan produksi E-sport Start Indonesia season kedua yang ditargetkan akan tayang mulai Oktober tahun 2021 ini, dengan lebih dari 60.000 partisipan dari seluruh Indonesia. 

Dengan demikian, PT ESI didirikan untuk fokus kepada pengembangan program-program yang telah dipaparkan di atas, seperti profesional e-sport competition, e-sport talent search & team management, dan juga game development serta publishing. 

Noersing bilang, saat ini MNCN juga tengah mempersiapkan peluncurkan game yang dikembangkan oleh perseroan, yakni Rapi Fire yang akan rilis di akhir September hingga awal Oktober tahun ini. 

"Jadi, ini besar sekali potensinya, dan kami MNCN adalah salah satu perusahaan yg pertama kali memulai daripada jejak kami di indsutri gaming dan e-sport," tutup Noersing. 

Selanjutnya: IHSG menguat tipis ke 6.092 pada pagi ini (2/9), BUKA, MNCN, BMRI ditampung asing

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×