kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya rumah di 2017, mimpi atau kenyataan?


Jumat, 30 Desember 2016 / 13:10 WIB
Punya rumah di 2017, mimpi atau kenyataan?


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

Penghujung tahun 2016 sudah di depan mata. Berbagai persiapan menuju kehidupan yang lebih baik di 2017 kerap dilakukan. Termasuk di antaranya adalah persiapan untuk memiliki hunian baru.

Bagi sebagian orang yang sudah bersiap sedari tahun-tahun sebelumnya, keinginan memiliki hunian di tahun 2017 bisa menjadi kenyataan. Namun, bagi mereka yang tidak memiliki persiapan apapun namun  memiliki keinginan untuk membeli rumah, apakah hal tersebut masih mungkin untuk dilakukan?

Ya, siapapun mungkin untuk membeli rumah. Sekalipun itu Anda yang belum memiliki persiapan matang. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini:

  1. Mengerti prioritas keuangan
    Tahun yang baru, rencana baru dan prioritas baru. Pastikan Anda mengetahui prioritas keuangan Anda di tahun yang baru nanti. Tidak belanja berlebihan akan membantu Anda mewujudkan keinginan untuk membeli hunian di 2017. Jauhi segala penawaran seperti diskon pakaian, peralatan rumah tangga yang tidak Anda butuhkan dan sebagainya. Pastikan Anda mengalokasikan uang belanja Anda dengan baik di tabungan, sehingga setidaknya uang tersebut bisa menjadi uang muka untuk pembelian rumah Anda.
  2. Menentukan tujuan
    Berfokuslah pada tujuan Anda untuk membeli rumah. Dengan memasang wallpaper di ponsel atau menempelkan rumah idaman di dinding kamar, dapat menjadi pengingat Anda akan fokus Anda tersebut. Selebihnya, menabunglah dengan disiplin untuk mengumpulkan uang muka. Tekan bujet liburan Anda dan alokasikan untuk kepentingan pembelian rumah.
  3. Siap mental
    Pastikan Anda sudah mengetahui daerah perumahaan mana yang akan Anda ambil. Apakah dekat dengan tempat bekerja atau dekat dengan keluarga besar. Jika Anda sudah mengetahuinya, maka persiapkan mental Anda untuk menjalani aktivitas harian Anda dari rumah tersebut. Jarak, lokasi, pengeluaran, fasilitas dan sebagainya akan sangat menentukan kelangsungan hidup Anda pasca pembelian rumah.
  4. Buat timeline
    Buatlah aturan jadwa yang ketat untuk pencapaian target pembelian rumah Anda. Tentukan lokasi dari sekarang, dengan melakukan survei kecil-kecilan ataupun mendatangi pameran properti. Dengan demikian Anda mengetahui persentase kenaikan harga dan bisa menyesuaikannya dengan target waktu yang telah Anda persiapkan.

(sumber : Rumahku.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×