kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,14   4,65   0.50%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pupuk Indonesia Tingkatkan Implementasi Industri 4.0


Rabu, 07 Desember 2022 / 19:44 WIB
Pupuk Indonesia Tingkatkan Implementasi Industri 4.0
ILUSTRASI. Pupuk Indonesia


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pupuk Indonesia konsisten mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan serta mengembangkan daya saing industri melalui pengembangan riset dan teknologi bernilai tinggi.

Langkah tersebut berhasil mengantarkan perseroan mengantongi Rintisan Teknologi Industri (Rintek), National Lighthouse Industry 4.0, dan INDI 4.0 Award dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Capaian tersebut sejalan dengan konsistensi perseroan mengimplementasikan Industri 4.0 di Indonesia," kata Direktur Transformasi Bisnis PT Pupuk Indonesia (Persero) Panji Winanteya Ruky dalam keterangan resminya, Rabu (7/12).

INDI 4.0 dengan kategori Supply Chain Management didapatkan melalui PT Pupuk Kujang Cikampek. Ristek didapat melalui  PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Kantongi Laba Rp 12,9 Triliun pada Kuartal III 2022

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi mengatakan, ada sebanyak 52 perusahaan yang mengusulkan untuk mendapat apresiasi INDI 4.0 Tahun 2022.

Namun, berdasarkan hasil penelitian dan seleksi, ditetapkan 31 perusahaan sebagai penerima dalam tujuh kategori.

“Anugerah INDI 4.0 ditujukan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah atas pencapaian transformasi industri 4.0 yang telah dilakukan perusahaan industri untuk meningkatkan daya saing industri nasional,” jelas Andi.

Sementara Lighthouse Industri 4.0 di Indonesia merupakan apresiasi kepada perusahaan yang mampu menjadi contoh atau role model bagi industri lainnya dalam transformasi dan implementasi IR 4.0 untuk mendorong dampak perekonomian, operasional, dan teknologi.

Adapun Rintek Tahun 2022 merupakan apresiasi kepada pelaku industri nasional atas upaya dan dedikasinya dalam menghasilkan rintisan teknologi industri secara mandiri.

Sekjen Kementerian Perindustrian, Dody Widodo mengapresiasi kepada seluruh pelaku industri nasional yang meraih penghargaan INDI 4.0 Award, National Lighthouse Industry 4.0, dan Rintisan Teknologi Industri (Rintek) Tahun 2022.

Baca Juga: Pupuk Kimia Mahal, Pupuk Organik Digenjot

Menurut dia, Pemerintah saat ini sedang memacu industri agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri melalui kebijakan dan program yang berpihak kepentingan dalam negeri akan dioptimalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×