kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ramaikan pasar MPV, Hyundai luncurkan H-1 Classic


Rabu, 15 Agustus 2012 / 09:15 WIB
Ramaikan pasar MPV, Hyundai luncurkan H-1 Classic
ILUSTRASI. Suasana penyekatan kendaraan yang akan memasuki wilayah Kabupaten Bogor di Parung, Bogor, Jawa Barat, Miinggu (11/7). Kasus Covid-19 melonjak, ini skenario PPKM Darurat yang disiapkan pemerintah.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Persaingan pasar mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) medium semakin ketat. Para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) gencar menebar produk baru demi merebut pasar lebih besar. Tak terkecuali ATPM mobil Korea Selatan, PT Hyundai Mobil Indonesia yang tahun ini membidik kenaikkan penjualan di atas 30%.

Kemarin, Hyundai meluncurkan produk MPV baru yang masuk kategori medium yang harganya berkisar Rp 200 juta hingga Rp 300 jutaan.
Yaitu, varian H-1 classic, untuk melengkapi jajaran mobil penumpang yang menjadi andalannya. Mobil ini mengadopsi mesin diesel 2,5 liter dan transmisi manual 6 speed.

Sales & Marketing Director Hyundai Indonesia Erwin Djajadiputra berharap, dengan penambahan varian, penjualan seluruh tipe H-1 bisa meningkat 40% saban bulan.

"Saat ini seluruh tipe H-1 rata-rata terjual 1.000 unit sebulan. Dengan adanya varian baru, kami yakin penjualannya bisa 1.400 unit per bulan," kata Erwin, Senin (13/8).

Berbeda dengan varian H-1 sebelumnya, mobil H-1 Classic dibanderol Rp 325 juta on the road. Sebelumnya, varian H-1 Royalle lebih mahal, seharga Rp 500 jutaan.

Dengan memasarkan varian yang lebih murah, persaingan di segmen mobil serba guna kelas menengah makin semarak. "Kami ingin memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen di sini," ujar Erwin.

Sejatinya, Hyundai Tipe H-1 sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2008 silam. Hingga Juli 2012, Hyundai Indonesia mengklaim telah memasarkan 2.634 unit di dalam negeri, dan 1.382 unit ke pasar ekspor.

Adapun, di kelas medium MPV, Toyota Kijang Innova masih terbilang sebagai favorit. Pada semester I 2012 saja, Innova terjual 38.763 unit. "Kami yakin Toyota masih jadi pilihan masyarakat di segmen mobil penumpang," ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johny Darmawan.

Di kelas yang sama, PT Nissan Motor Indonesia, punya Nissan Serena yang dibanderol Rp 300 jutaan. Selama semester satu tahun ini, Serena telah terjual 1.329 unit.

"Di Indonesia kategori MPV memang menjadi favorit," kata Teddy Irawan, VP Director Nissan Indonesia.

Gaikindo mencatat, dari total penjualan tahun lalu 894.164 unit, pangsa pasar low MPV mencapai 292.310 unit (32,7%) dan MPV medium 73.514 unit (8,22%).

Sementara, pada semester I 2012, penjualan mobil nasional tercatat 535.263 unit, naik 28% dibanding periode yang sama 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×