Reporter: Pamela Sarnia | Editor: A.Herry Prasetyo
JAKARTA. Peritel PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk perlahan mengubah seluruh supermarket Robinson miliknya menjadi SPAR Supermarket. Dengan menggandeng perusahaan asal Belanda SPAR International, Ramayana akan menyulap 65 gerai Robinson menjadi gerai SPAR hingga tahun 2017.
Sejak meneken kontrak dengan SPAR pada September lalu, perusahaan dengan kode saham RALS di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut telah membuka 12 gerai SPAR di supermarket Robinson. Biaya investasi mengubah tampilan menjadi SPAR berkisar Rp 3–Rp 5 juta per meter persegi (m2).
Tahun depan, Ramayana akan mendesain ulang 25 gerai Robinson menjadi gerai SPAR. Sedangkan pada tahun 2017, akan ada 25 gerai Robinson yang akan berubah menjadi gerai SPAR
Direktur Keuangan Ramayana Suryanto mengatakan, satu gerai SPAR setiap bulan diperkirakan akan memberi pendapatan Rp 2,2 juta–Rp 2,5 juta per m2. Target keuntungan optimal diperkirakan dapat diperoleh setelah 3 tahun beroperasi. “Saat ini, pendapatan rata-rata gerai SPAR masih Rp 1,2 juta–Rp 1,5 juta per m2 per bulan," kata Suryanto.
Berbading terbalik dengan ekspansi SPAR, jumlah gerai Ramayana Department Store hanya bertambah satu pada 2015. Tahun depan, perusahaan hanya menargetkan menambah tiga gerai baru.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News