Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melihat fenomena indekos yang banyak bermunculan di Indonesia membuat RedDoorz membaca peluang yang timbul. Memiliki tujuan dalam menyediakan alternatif hunian jangka panjang RedDoorz resmi meluncurkan platform di bawah naungnya yaitu KoolKost.
Jika RedDoorz terkenal akan spesialisasi manajemen dan pemesanan hotel online, KoolKost merupakan manajemen dan pemesanan untuk hunian indekos. Mulai dijalankan sejak Agustus 2019 hingga kini KoolKost sudah berada di 14 kota di Indonesia.
Dari 14 kota yang sudah dijangkau, KoolKost miliki 100 mitra properti atau indekos. Melalui KoolKost disampaikan oleh Vice President of Operation RedDoorz, Adil Mubarak mitra pemilik indekos dapat meningkatkan pendapatan dengan pengoptimalan operasi indekos mereka.
Baca Juga: Kemenpar minta RedDoorz dan OYO tak campurkan bisnis indekos dengan usaha akomodasi
Sama seperti platform pencarian indekos lain, KoolKost juga memiliki standar yang diterapkan oleh tiap mitra properti. Fasilitas yang dijamin dan jadi keunggulan KoolKost ditiap properti indekos mereka ialah adanya Wifi, gratis air minum, jasa pembersihan kamar, kebersihan, dan white line yang jadi ciri khas KoolKost. Uniknya KoolKost juga mengedepankan community living.
"Kami taglinenya welcome home, jadi ngekos berasa seperti di rumah. Kami utamakan kenyamanan penghuni, yang biasanya nggak kenal tetangga kos sebelah jadi akrab karena fasilitas yang ada bersama," jelas Adil saat preskon peluncuran KoolKost di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Kamis (23/1).
Mengenai standar dari properti indekos Adil menambahkan semua berasal dari KoolKost, mulai dari tampilan, fasilitas, dan teknologi. Sayangnya mengenai pembagian hasil antara KoolKost dengan mitra pemilik indekos belum dapat disampaikan detailnya.
"Untuk pembagian kami berbeda tiap properti yang jelas harga juga akan sesuai dengan market lokasi kos tersebut," ungkap Adil.
Baca Juga: RedDoorz perkuat tim regional dengan rekrut dua pemimpin eksekutif
Head of Business KoolKost, Ankit Lalwani menuturkan tahun ini ditargetkan KoolKost mampu tambah jangkauan ke 50 wilayah di Indonesia. Perihal target peningkatan properti indekos yang bergabung, KoolKost mau disampaikan secara detail.
KoolKost saat ini disebut masih terus pelajari bagaimana pasar yang diminati konsumen penghuni indekos. Saat ini pemesanan KoolKost masih dilakukan di RedDoorz, namun rencananya Maret nanti aplikasi dan website sudah mulai dapat digunakan penuh.
"Kami pembayaran bisa tunai bisa juga by kartu kredit atau mobile banking, tapi untuk kerjasama dengan fintech kami tidak ada tapi sediakan pembayaran digital," tambah Ankit.
Baca Juga: GoJek gandeng RedDoorz hadirkan potongan order GoFood dan GoMassage
Ke depan juga direncanakan akan ada beberapa pilihan harga dan jenis indekos yang ditawarkan. Adil menyebut tak menutup kemungkinan akan ada tipe indekos premium, plus dan lainnya. KoolKost menyasar para calon penghuni dari kalangan mahasiswa dan karyawan.
Tiap pemilik properti indekos di KoolKost mengaku ada peningkatan hunian sekitar 30%. Hal tersebut diakui oleh salah satu mitra KoolKost Christian Adiwena, pemilik KoolKost di AEON BSD, Tangerang Selatan.
"Saya gabung bulan November tahun kemarin. Okupansi sekarang sekitar 80% dan itu naik 30% dari sebelumnya," jelas Christian.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News