kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rights issue disetujui, Sky Energi (JSKY) bakal tambah produksi panel surya


Minggu, 04 Oktober 2020 / 11:53 WIB
Rights issue disetujui, Sky Energi (JSKY) bakal tambah produksi panel surya
ILUSTRASI. PLTS Terapung milik PT Sky Energy Indonesia, Tbk (JSKY)


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perusahaan energi dan produsen panel surya dan modul surya terbesar di Indonesia, PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY), melakukan perubahan jajaran dewan direksi dan komisaris. Keputusan ini disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Kantor Perseroan, Cicadas, Bogor, pada Jumat, 2 Oktober 2020. 

Pada dewan komisaris perubahan ditandai dengan masuknya Burhanudin Amin sebagai Komisaris Independen. Burhanudin akan satu team dengan Komisaris Utama yang tetap ditempati Jackson Tandiono. Sedang pada dewan direksi ditandai dengan perubahan posisi, yakni Christoper Liawan yang sebelum adalah Komisaris kini menduduki posisi Direktur Utama, bersama dengan Pui Siat Ha sebagai Direktur, dan Naoki Ishikawa sebagai Direktur. 

“Pada RUPSLB kali ini para pemegang saham sepakat melakukan right issues dan perubahan susunan manajemen. Di dewan direksi ada saya yang ditunjuk sebegai Direktur Utama, bersama Ibu Pui Siat Ha sebagai Direktur, dan Bapak Naoki Ishikawa sebagai Direktur," kata Direktur Utama PT Sky Energi Indonesia Tbk, Christoper Liawan dalam siaran keterangan tertulisnya, Jumat (2/10).

Masuknya Burhanudin Amin sebagai Komisaris Independen diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi perseroan. Burhanudin Amin sebelumnya dikenal adalah perwira tinggi TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal (purnawirawan).

Pria kelahiran Empat Lawang, 5 Nopember 1952 ini,  jabatan terakhir sebelum pensiun adalah Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad, Februari 2010 – September 2010).

“Pada masa masih aktif sebagai tentara, beliau telah bertugas di berbagai pelosok di tanah air. Dengan pengalaman itu semoga bisa memberikan pertimbangan bagi perseroan yang saat ini mengerjakan berbagai proyek energi di berbagai pelosok tanah air,” kata Christoper Liawan.

Agenda RUPSLB selain perubahan susunan managemen adalah rapat persetujuan pemegang saham untuk aksi korporasi melakukan penambahan modal perseroan melalui mekanisme hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD), dan pengumuman direksi JSKY yang kini ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal APAMSI (Asosiasi Pabrikan Modul Surya Indonesia).  

Right Issues

Sementara itu, dalam RUPSLB para pemegang saham telah menyetujui korporasi melakukan penambahan modal perseroan melalui mekanisme hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right issues. Dengan menerbitkan saham baru sebanyak 199.188.920 lembar. Saham baru ini ditawarkan ke publik seharga Rp 500 per lembar, pada harga nominal Rp 50 per lembar. 

Penerbitan saham baru ini akan diikuti dengan penerbitan waran sejumlah 707.120.666. Dengan penawaran waran Rp 650 dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh. Yang dapat dikonversikan menjadi kepemilikan saham sebanyak-banyaknya 35% dari jumlah saham yang telah ditepatkan dan disetor penuh, melalui mekanisme HMETD. 

Dengan penerbitan saham baru ini, JSKY menargetkan akan mendapatkan tambahan modal yang dihimpun sebanyak Rp 99,59 miliar. Rencana JSKY seluruh dana yang terhimpun akan digunakan untuk penambahan modal kerja perseroan setelah dikurangi biaya-biaya emisi. 

“Penambahan modal kerja ini akan digunakan untuk memulai operasional pabrik kedua kami di Cisalak, Depok. Untuk meningkatkan kapasitas produksi panel surya dan modul surya JSKY. Ini untuk memenuhi pasar ekspor yang terus meningkat, seiring trend peningkatan konsumsi energi bersih secara global,” tambah Direktur Utama JSKY, Christoper Liawan. 

Seperti diketahui, sejak tahun 2008, PT Sky Energy Indonesia Tbk telah memproduksi panel  surya (solar cell) dan modul surya (solar module) dengan kapasitas produksi 100 Megawatt (MW) panel surya dan 200 Megawatt (MW) modul surya per tahun. Melalui pabriknya di Cicadas, Bogor.

Pada akhir tahun ini JSKY berencana mulai mengoperasikan pabrik kedua di Cisalak, Depok. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, produk JSKY juga untuk di ekspor ke negara Kanada, Amerika Serikat, Jepang, China, Singapura, Jerman, dan Filandia.

Adapun susunan manajemen PT Sky Energy Indonesia Tbk kini:
Dewan Komisaris
Komisaris Utama: Jackson Tandiono
Komisaris Independen: Burhanudin Amin
Dewan Direksi
Direktur Utama: Christoper Liawan
Direktur: Pui Siat Ha
Direktur: Naoki Ishikawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×