kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Rocky bakal kanibalisasi konsumen Terios? Ini jawaban Daihatsu


Selasa, 13 Juli 2021 / 06:47 WIB
Rocky bakal kanibalisasi konsumen Terios? Ini jawaban Daihatsu
ILUSTRASI. Daihatsu Rocky.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belum lama ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Rocky versi 1.200 cc. Varian ini pun menjadi yang pertama di dunia karena dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia. 

Menariknya lagi, dari segi harga, varian mesin 1.200 cc yang mengusung kode WA-VE tiga silinder ditawarkan lebih murah dari versi 1.000 cc turbo. 

Untuk diketahui, Rocky 1.200 cc dijual mulai dari Rp 178,9 juta sampai Rp 215 juta. Sementara varian turbo dengan mesin 1.000 cc, kisarannya di atas Rp 200 jutaan. 

Lantas apakah dengan gap harga yang signifikan bisa mengusik pasar Rocky 1.L turbo yang lebih dulu meluncur, apalagi dilihat dari desain keduanya tak ada perbedaan signifikan. 

Menjawab hal ini, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, kemungkinan perpindahan konsumen dari versi 1.0 turbo ke 1.2L sangat tidak mungkin terjadi. 

Baca Juga: Daihatsu mencatat penjualan mobil di semester I tahun 2021 meningkat 25%

"Menurut saya meskipun rentang harga cukup lebar (jauh) diantara kedua varian Rocky tersebut, namun karena masing-masing punya fitur yang signifikan berbeda, maka kalau dilihat dari MBU (motif beli utama) segmennya juga beda, sehingga tidak akan terjadi perpindahan dari varian Rocky 1.0L ke yang 1.2L," ucap Hendrayadi kepada Kompas.com, Minggu (11/7/2021). 

Lebih lanjut Hendrayadi menjelaskan, karakteristik calon konsumen Rocky 1.L turbo lebih cenderung mempertimbangkan sisi safety dan performa dari kendaraan selain juga dari segi desain.

Baca Juga: Insentif PPnBM sokong sektor otomotif, Astra International (ASII) jadi top pick

Sedangkan untuk tipikal konsumen yang membeli Rocky 1.2L, lebih mengutamakan sisi fungsional dari kendaraan yang didukung juga dari value for money. Demikian juga dengan Terios, meski bermain di segmen yang sama, ditambah Rocky memiliki fitur lebih canggih dan harga yang menggoda, namun Hendrayadi optimis tak akan terjadi pergeseran atau kanibalisasi. 

Baca Juga: Lebih terjangkau! Ini estimasi harga Daihatsu Rocky 1.2 L

"Target segmen utama dari kedua model tersebut berbeda, sehingga semestinya tidak akan terjadi kanibalisasi diantara kedua SUV Daihatsu," ujar Hendrayadi.

"Untuk Terios segmennya mereka yang butuh SUV dengan kapasitas 7 penumpang dan ruang bagasi lapang, sedangkan Rocky, lebih yang membutuhkan SUV compact, 5 penumpang, dan dengan desain stylish serta modern," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daihatsu Pede Rocky Tak Kanibalisasi Konsumen Terios"

Editor : Stanly Ravel

Selanjutnya: Beda harga Daihatsu Rocky 1.2 dan 1.0 turbo, selisihnya jauh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×