kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,39   6,03   0.65%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rogoh Rp 97,5 Miliar, Vastland Indonesia (VAST) Akuisisi Gudang Baru


Jumat, 15 Desember 2023 / 09:20 WIB
Rogoh Rp 97,5 Miliar, Vastland Indonesia (VAST) Akuisisi Gudang Baru
ILUSTRASI. Fasilitas gudang Vastland Indonesia. Vastland Indonesia (VAST) Hendak Ekspansi Gudang Baru di Tangerang.?(DOK.?VAST)


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengembang properti pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) mengakuisisi tanah dan bangunan berupa gudang yang masing-masing memiliki luas 39.450 m2 dan sekitar 18.045 m2 di Tangerang, Banten pada tanggal 12 Desember 2023.

Direktur Keuangan VAST Stanley V Gunawan mengatakan, tanah dan bangunan berupa gudang senilai Rp 97,5 miliar tersebut sudah beroperasi dan disewa oleh pelanggan yang mayoritas berasal dari sektor e-commerce dan fulfillment center, dan akan langsung memberikan tambahan pemasukan bagi perseroan.

Ia menjelaskan, ekspansi VAST di wilayah ini untuk mengantisipasi permintaan pergudangan dan menambah presensi perseroan di wilayah baru, mengingat peningkatan yang mereka alami selama tahun 2023.

Inisiatif untuk mengakomodasi peningkatan permintaan ini juga dilakukan karena prospek kawasan industri dan gudang diprediksi positif untuk jangka panjang.

Baca Juga: Begini Strategi Capitol Nusantara Indonesia (CANI) untuk Menekan Rugi pada Tahun 2024

"Selama kuartal III/2023 sektor transportasi dan pergudangan mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yaitu mencapai 14,74% year-on-year (YoY), dengan kontribusi 5,98% terhadap pertumbuhan ekonomi RI," kata Gunawan dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (14/12).

Gunawan menuturkan, Vastland sudah berkecimpung di bidang pergudangan selama lebih dari 10 tahun. Vastland memiliki dan mengelola gudang di Lampung, Pekanbaru, Palembang, Bengkulu, Jambi, Klaten.

"Dengan akuisisi ini, VAST resmi memperluas ekspansi gudang di wilayah Tangerang, yang kini sudah beroperasi dan memiliki penyewa yang berkualitas," ujar Gunawan.

Ia menambahkan, prospek pergudangan masih cerah, roda ekonomi semakin cepat berputar sehingga kebutuhan untuk pergudangan juga terus tinggi. Ekspansi terbaru ini diperkirakan akan meningkatkan omset perusahaan sekitar 30%.

Meski selama ini mayoritas pelanggan VAST adalah distributor dan FMCG, Vastland sudah mulai melakukan diversifikasi pelanggan dengan menambahkan layanan exposure fulfillment center dan last mile logistics untuk beradaptasi dengan kebutuhan pasar dan mengurangi risiko ketergantungan terhadap segmen pelanggan tertentu.

Baca Juga: Jababeka (KIJA) Fokus Bangun Kota Mandiri Berkonsep TOD Melalui Trans-Jababeka

Lebih lanjut, Gunawan berharap diversifikasi Vastland ini akan menghasilkan tambahan revenue bagi perseroan. Diversifikasi pelanggan juga dapat memaksimalkan potensi okupansi gudang Vastland sekaligus meminimalisir risiko akan ketergantungan terhadap sektor pelanggan tertentu sehingga perseroan dapat tumbuh dengan stabil dan konsisten.

Sampai dengan kuartal III 2023 VAST telah memperbaiki neraca keuangan yang stabil dengan DER sebesar 0,17 berbanding 0,40 pada kuartal III 2022. Vastland juga mengalami kenaikan pada kas dan setara kas menjadi Rp 10,1 miliar rupiah pada sembilan bulan pertama tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×