kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,75   -2,41   -0.24%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vastland Indonesia (VAST) Catatkan Okupansi Sewa Gudang 100%


Sabtu, 23 September 2023 / 11:15 WIB
Vastland Indonesia (VAST) Catatkan Okupansi Sewa Gudang 100%


Reporter: Diki Mardiansyah, Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengembang properti pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) berhasil mempertahankan okupansi sewa gudang built-to-suit hingga level 100%. Angka tersebut juga mencakup serangkaian gudang yang baru-baru ini perusahaan akuisisi. 

Tingkat okupansi 100% untuk gudang built to suit tersebut sudah berhasil dipertahankan sejak tahun 2022, di mana okupansi gudang general warehouse VAST juga mencapai 93%, atau lebih tinggi dari pemain lainnya yang rata-rata di level 90%. 

VAST memang menargetkan okupansi penuh bagi gudang yang dikelolanya. 

“Secara historis, kami selalu menargetkan okupansi 100%, bahkan saat pandemi okupansi gudang kami bisa mencapai97-98%," jelas Direktur Keuangan VAST Stanley V. Gunawan dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (23/9).

Baca Juga: Kinerja Vastland Indonesia (VAST) pada Semester I 2023 Terdorong Faktor Ini

Mengingat permintaan gudang yang bertumbuh positif akhir-akhir ini, wajar saja VAST merasa optimis bahwa permintaan gudang meraka akan turut meningkat.  

Industri pergudangan adalah salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2023. Sektor perdagangan menyumbangkan 0,63 % year on year (yoy) dari pertumbuhan total pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,17% pada kuartal tersebut.  

Di Provinsi Lampung yang merupakan salah satu lokasi gudang VAST beroperasi, investasi per kuartal 1-2023 telah mencapai Rp 3,24 triliun dari target yang ditentukan sebesar Rp 11 triliun, di mana industri makanan menjadi sektor terbesar penyumbang investasi terbanyak pada dengan nilai Rp 1,6 triliun.

Industri makanan juga menjadi salah satu sektor industri yang kerap menjadi pelanggan tetap sewa gudang milik VAST. Jasa gudang built-to-suit yang ditawarkan VAST cocok bagi pelaku industri makanan yang sering memiliki spesifikasi khusus dalam kebutuhan pergudangan mereka.

Baca Juga: VAST Bidik Peningkatan Permintaan Gudang Berkat Ekspansi FMCG

Di Provinsi Sumatra Selatan, tepatnya di Palembang, yang juga merupakan salah satu wilayah operasi gudang VAST mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,24% pada kuartal II-2023 secara yoy. Meningkatnya hilirasi industri yang didukung oleh pengembangan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera, memunculkan permintaan baru akan pergudangan. 

Layanan pergudangan yang ditawarkan VAST disambut sebagai pendukung bagi industri-industri baru yang sedang membangun jaringan distribusi mereka, khususnya pada industri yang berorientasi ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×