kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.513.000   9.000   0,60%
  • USD/IDR 15.878   60,00   0,38%
  • IDX 7.215   -31,04   -0,43%
  • KOMPAS100 1.106   -4,36   -0,39%
  • LQ45 877   -2,84   -0,32%
  • ISSI 220   -2,01   -0,91%
  • IDX30 450   -2,38   -0,53%
  • IDXHIDIV20 540   -5,20   -0,95%
  • IDX80 127   -0,48   -0,38%
  • IDXV30 132   -4,46   -3,28%
  • IDXQ30 149   -1,12   -0,75%

Saatnya anak muda berbisnis di sektor pangan


Jumat, 08 Oktober 2021 / 13:07 WIB
Saatnya anak muda berbisnis di sektor pangan
ILUSTRASI. Diplomat Success Challenge (DSC)


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dengan jumlah penduduk mencapai 270 juta jiwa, Indonesia jelas butuh ketahanan pangan yang memadai. Dan sejatinya, ruang untuk terus memperkuat ketahanan pangan itu masih sangat terbuka.

Potensi sektor pertanian, peternakan, dan perikanan masih besar untuk dioptimalkan dengan bersama-sama saling berkolaborasi antar pelaku bisnis dari hulu ke hilir.

Nah, untuk memacu gagasan dalam menyusun strategi ketahanan pangan, Wismilak Foundatin melalui Diplomat Success Challenge (DSC) 12, menggelar kompetisi wirausaha dengan tema “Building Impactful Business Farming and Fisheries Sector” melalui webinar bekerjasama MarkPlus Institute.

Dalam webinar yang terselenggara minggu lalu menghadirkan pembicara para pengusaha muda, yakni Dalu Nuzlul Kirom, founder & CEO Ternakesia, Utari Octaviany, Co-founder & CSO Aruna. Hadir pula alumni DSC 2015, Ahmed Tessario, Founder & CEO Sirtanio Organik.

Mereka menyampaikan secara mendalam bagaimana membangun bisnis yang berdampak sosial di sektor peternakan, perikanan dan pertanian.

Ketiga pembicara itu sepakat, masalah ketahanan pangan adalah isu krusial bagi Indonesia. Kunci untuk memacu ketahanan pangan tersebut jelas butuh sumber daya manusia yang memadai baik di sektor, pertanian, peternakan, dan perikanan. Masalahnya, banyak generasi muda yang tidak tertarik pada sektor-sektor pangan tersebut.

Baca Juga: Wow! Wismilak Gelar Kompetisi Bernilai Rp 2 miliar

Utari Octavianty, mengungkapkan, bersama kedua rekannya, Indraka Fadhlilah dan Farid Naufal Aslam, dia mendirikan Aruna. Sebuah bisnis rintisan  bidang perikanan dalam merevolusi ekosistem perdagangan hasil laut dengan teknologi dengan misi sociopreneur.

Dengan platform Aruna, supply chain dapat lebih ringkas karena transaksi pembelian ikan terjadi secara langsung antara nelayan atau pembudidaya dengan konsumen, tanpa melalui jalur tengkulak.

“Nelayan mendapatkan harga jual yang layak, konsumen pun mendapatkan kebutuhan ikan dengan harga yang masuk akal,” papar Utari dalam keterangannya.

Dalam menjalankan usaha itu, Aruna menggunakan aplikasi melalui fitur telepon pintar. Namun, kendalanya, tak banyak nelayan yang bisa menggunakan teknologi tersebut. Tak kurang akal, Aruna pun memboyong cerita sukses dari nelayan yang menjadi pilot project penerapan aplikasi tersebut.

Selain itu, “Kami membentuk local heroes yang berperan membantu nelayan setempat untuk memantau dan mengoperasikan aplikasi Aruna,” imbuhnya.

Bila Utari fokus di perikanan, Dalu Nyzlul Kirom, memilih memajukan sektor peternakan. Ternakesia sendiri fokus membantu peternak Indonesia di bidang permodalan, pemasaran, dan manajemen.

“Ternakesia hadir sebagai bentuk jawaban atas permasalahan di sektor peternakan dengan mengamplifikasikan teknologi ke bisnis peternakan,” ujar Dalu.

Baca Juga: Upaya mendorong pengusaha muda masuk bisnis pertanian, peternakan dan perikanan

Dalu melihat, ruang optimalisasi bisnis peternakan masih sangat terbuka. Salah satu contohnya, bagaimana peternak melihat peluang bisnis makanan halal. Islamic Economic Forum 2019 menunjukkan data, Indonesia adalah negara dengan konsumen makanan halal nomor 1 di dunia, dengan nilai US$ 273 milia per tahun. Tapi sayangnya Indonesia bukan termasuk 10 besar pemasok makanan halal di dunia.

“Inilah ironi sekaligus peluang besar kita khususnya wirausaha muda untuk memenuhi permintaan kebutuhan hasil ternak dengan standarisasi halal yang perlu kita manfaatkan,” paparnya.

Tak kalah pentingnya, saran Ahmed Tessario, adalah berkolaborasi dan cross selling dengan sesama pengusaha.  Bukan saja cross selling dari sisi produk, namun juga cross selling knowledge.

Seperti pengalamannya, memanfaatkan DEN dengan berani mengajak kolaborasi Gazan Azka Ghafara yang merupakan pemenang DSC 2016 melalui brand Zanana Chips. 

Lewat kolaborasi sesama wirausaha yang dalam naungan DEN, keduanya sepakat saling bersinergi bertukar jaringan distribusi untuk memperluas jaringan pemasaran.

Baca Juga: Ruang generasi muda calon wirausahawan mengasah dan belajar bisnis di DSC 12 Weekend

Seperti diberitakan sebelumnya, DSC mendukung perekonomian Indonesia dengan membangun ekosistem wirausaha melalui kegiatan virtual bertajuk “Unlocking Opportunities”.

Tak kurang Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, memberikan apresiasi adanya kompetisi DSC ke-12 pada tahun ini. Terlebih atas dedikasi dan konsistensinya menyelenggarakan kompetisi selama lebih dari satu dekade.

“Kegiatan Diplomat Success Challenge sangat baik sekali sebagai support system, bagi wirausaha muda Indonesia agar mudah beradaptasi dengan cepat, inovatif, kolaboratif, dan semangat untuk membuat gebrakan di tengah pandemi,” ucap Teten Masduki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×