kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samator Indo Gas (AGII) Bakal Bagikan Dividen Rp 4,86 Per Saham


Kamis, 01 Juni 2023 / 13:44 WIB
Samator Indo Gas (AGII) Bakal Bagikan Dividen Rp 4,86 Per Saham
ILUSTRASI. Seorang karyawan menyiapkan tabung oksigen untuk diisi ulang di penyedia oksigen PT Samator, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (5/7/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/pras.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022. Salah satu hasil RUPST perseroan adalah sepakat membagikan dividen tunai tahun buku 2022 sebesar Rp 14,9 miliar.

Jumlah dividen yang dibagikan setara 15% laba bersih perseroan tahun lalu yang sebesar Rp 99,34 miliar. Nantinya, para pemegang saham akan mendapatkan dividen sebesar Rp 4,86 per saham.

Secara angka, perseroan menyisihkan laba bersih 2022 sebesar Rp 5 miliar untuk dana cadangan, sementara sebesar Rp 79,4 miliar lainnya digunakan untuk menambah saldo laba (Retained Earning) untuk mendukung pengembangan usaha perseroan. 
 
Adapun perseroan mencatat total penjualan mencapai Rp 2,61 triliun, laba bruto mencapai Rp 1,16 triliun, dan laba tahun Berjalan tercetak positif di level Rp 103,89 miliar per periode 2022.
 

Baca Juga: Catat Jadwal Pembayaran Dividen Metrodata Electronics (MTDL)

 
Di sisi lain, pemegang saham sepakat menyetujui perubahan susunan manajemen sehingga komposisi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan adalah sebagai berikut:
 
Komisaris
Komisaris Utama : Heyzer Harsono
Wakil Komisaris Utama : Rasid Harsono
Wakil Komisaris Utama : Setyo Wahono, S.E., M.M.
Komisaris : Michael William P. Soeryadjaya
Komisaris : Atiff Ibrahim Gill
Komisaris Independen : Komjen Pol (P) Drs. Sutanto, S.H.
Komisaris Independen : Dr. Dr. Robiyanto, S.E., M.M.
Komisaris Independen : Dr. Hans-Gerd Wienands
 
Direksi
Direktur Utama : Rachmat Harsono, B.Sc., M.B.A.  
Wakil Direktur Utama : Ir. Ferryawan Utomo, M.M.  
Direktur : Imelda Mulyani Harsono, B.A., M.M., LL.M
Direktur : Nini Liemijanto, S.E. Akt., M.B.A.  
Direktur : Budi Susanto 
Direktur : Djanarko Tjandra Dipl.-Ing, M.Sc
Direktur : Octavianus Santoso Rastanto, S.T.
Direktur : Andy Purwohardono
 
Sedikit kilas balik sehubungan dengan anggota jajaran Komisaris dan Direksi yang disebutkan, per 15 Maret 2023, Matrix Company Limited, sebuah perusahaan investasi induk yang dikelola oleh CVC Capital Partners (CVC) telah membeli saham minoritas signifikan di Perseroan dari pemegang saham eksisting dengan nilai sekitar US$ 155 juta. 
 
 
CVC Asia Pacific sendiri merupakan manajer investasi alternatif global terkemuka dengan € 137 miliar aset yang dikelola dan rekam jejak investasi yang kuat di Indonesia setelah 7 (tujuh) investasi lainnya di Indonesia. Melalui konteks tersebut, Perseroan dengan rasa hormat menyambut keterlibatan Matrix Company Limited yang saat ini terwujud dalam susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.
 
Direktur Utama AGII Rachmat Harsono melalui perubahan susunan manajemen yang berkolaborasi dengan CVC, perseroan optimis akan terus tumbuh dan memperkuat posisinya pada sektor gas industri dan medis di Indonesia. 
 
"Perubahan susunan ini merupakan bagian dari komitmen Perseroan untuk terus bertransformasi positif dan diharapkan mampu membawa manfaat yang signifikan bagi para pemegang saham yang sejalan dengan visi misi Perseroan, serta membuka peluang besar untuk turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Kamis (1/6).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×