kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut liburan, ASDP operasikan 25 feri per hari


Rabu, 13 Juni 2012 / 20:50 WIB
Sambut liburan, ASDP operasikan 25 feri per hari
ILUSTRASI. Pabrik Tekstil PT Pan Brothers Tbk (PBRX)


Reporter: Ragil Nugroho | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni telah menambah kapal feri pada rute Merak-Bakauheni untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang pada liburan sekolah mulai pertengahan Juni sampai Juli 2012.

"Kita sudah tambah pengoperasian satu kapal baru di rute Merak- Bakauheni. Minimal dalam sehari semalam kita operasikan 25 feri," kata Manajer Operasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, Rabu (13/6).

ASDP memperkirakan, jumlah penumpang kapal feri dari Sumatra ke Jawa meningkat hingga 15% selama liburan sekolah tahun ini. Penumpang asal Sumatra umumnya berliburan ke sejumlah objek wisata yang terdapat di sejumlah daerah di Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta dan Banten. Sedang penumpang dari Jawa umumnya hendak berliburan di Sumatera, seperti Lampung, Sumut dan Padang.

Berkaitan itu, pihaknya mempersiapkan fasilitas di areal pelabuhan untuk menghadapi liburan sekolah sekaligus tetap mengutamakan keselamatan pelayaran. Agar pengangkutan penumpang dan kendaraan lancar, ASDP Bakauheni tetap mengoperasikan lima dermaga.

Dalam keadaan normal, jumlah kendaraan yang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak bisa mencapai 5.500 unit-6.000 unit dalam sehari semalam. Sementara, jumlah penumpang bisa mencapai 30.000 sampai 50.000 orang.

“Selain itu, kami juga akan memantau tujuh lintasan utama ASDP, 52 pelabuhan angkutan laut, 24 bandara pada angkutan udara, dan untuk angkutan kereta api akan dipantau di sembilan Daop dan tiga drive,” jelasnya.

Sedangkan Direktur Usaha PT Pelni, Asep suparman, memperkirakan, jumlah penumpang pada liburan sekolah tahun ini akan meningkat sekitar 13% di banding tahun lalu. Namun, perseroan tidak melakukan persiapan khusus.

"Peningkatan ini sudah biasa dan kami hanya memindahkan alokasi penempatan kapal dari jalur yang tidak padat ke jalur padat," ujar Asep. Jalur-jalur yang diperkirakan padat antara lain pelabuhan Merak, Nunukan, Sampit, dan Balikpapan. Pelni rencananya akan menambah sekitar dua kapal di tiap titik tersebut.

Hingga kuartal I tahun 2012, perseroan mampu mengangkut 1.002.918 penumpang atau naik 12,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sejumlah 890.882. Peningkatan jumlah penumpang pada kuartal I memang baru mencapai sekitar 22,22% dari target akhir tahun sebesar 4,5 juta penumpang. Total Pelni memiliki 33 unit kapal yang beroperasi di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×