Reporter: Gloria Haraito |
JAKARTA. Menyambut Idul Fitri, permintaan mobil biasanya meningkat. Melihat tren ini, agen tunggal pemegang merek (ATPM) pun memanfaatkan kegiatan pemasaran demi mendongkrak penjualan. Tengoklah PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang mengadakan program Mudik Gratis Xenia.
Program ini tergabung dalam serangkaian kegiatan ADM menyambut Lebaran. "Dalam program amal kali ini, kami mengajak masyarkat untuk ikut serta," ujar Elvina Afny, Kepala Divisi Pemasaran Domestik ADM, akhir pekan lalu
Kegiatan dimulai dengan menghias replika mobil Xenia dengan ketupat. Replika Xenia ini bisa dijumpai di Grand Indonesia Shopping Town (GIST) pada 30 Juli hingga 1 Agustus lalu, Summarecon Mal Serpong pada tanggal 6-8 Agustus, Mal Taman Anggrek 13-15 Agustus, Supermal Karawaci 20-22 Agustus, dan berakhir di La Piazza 27-29 Agustus. Jumlah ketupat dalam replika Xenia ini akan dijagokan untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai replika mobil dari ketupat hias terbanyak.
Elvina mengatakan, satu ketupat yang terangkai akan setara dengan sumbangan ADM senilai Rp 10.000. Sumbangan ini disalurkan ke Panti Asuhan Putra Utama Jakarta, Al-Qatain Cibitung, Yayasan Nurul Iman, dan Yayasan Ihsanul Islahiya Karawang. ADM juga akan menyalurkan sumbangan setara dengan jumlah fanpage Facebook. Setiap masyarakat yang ingin berpartisipasi, tinggal menjadi fans Daihatsu dan mengundang minimal 10 teman lainnya. Satu orang dalam fanpage setara dengan sumbangan ADM sebesar Rp 10.000.
Selain beramal, masyarakat juga berkesempatan mengikuti program Mudik Gratis Xenia. Caranya gampang, masyarakat tinggal melakukan registrasi di mal-mal di atas, mengunggah foro amal di Facebook serta men-tag Daihatsu Indonesia. "Sebanyak 50 keluarga akan dipilih dan diumumkan panitia pada 29 Agustus mendatang sebagai pemenang mudik," lanjut Elvina.
Lalu, dalam program mudik ini ADM juga akan mengikutsertakan 10 keluarga dari Klub Avanza Xenia Indonesia Club, 10 keluarga jurnalis pengguna Xenia, dan 30 keluarga pengguna xnia yang melakukan service berkala periode 15-27 Agustus nanti. Jadi, ADM akan memberangkatkan 100 Xenia dalam program mudik ini. Di samping itu, ADM juga akan membekali setiap keluarga dengan uang tunai Rp 1,5 juta.
Selain beramal, ADM mengakui, program ini berdampak positif bagi penjualan. Billy Israj F, Koordinator Eksekutif Komunikasi Merek ADM mengatakan, sebelum Lebaran memang tren permintaan mobil meningkat. Katanya, di masa ini masyarakat membutuhkan mobil baru untuk mudik. "Sebulan sebelum Lebaran, penjualan mobil kerap tumbuh 5%," tutur Billy. Jadi, bila pada bulan biasa penjualan Xenia sekitar 4.000 unit sampai 6.000 unit, maka pada Agustus ini penjualan diperkirakan meningkat 5%.
Program peningkatan penjualan melalui kegiatan mudik bareng ini sebetulnya bukan kali pertama bagi ADM. Tahun lalu, ADM juga mengadakan Mudik Gratis Luxio dan mobil Daihatsu lainnya. Total ada 100 unit mobil yang diberangkatkan dalam program ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News