kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samsung gandakan target penjualan


Jumat, 27 April 2012 / 08:52 WIB
Samsung gandakan target penjualan
ILUSTRASI. Cobalah untuk mengayunkan lengan supaya efek samping vaksin Covid-19 tidak terlalu parah. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.


Reporter: Rika Theo, Lili Sunardi |

JAKARTA. Cengkeraman pasar Samsung di Indonesia bakal semakin kuat. Samsung akan melipatgandakan bisnisnya di Indonesia. Sumbangan terbesar diharapkan dari penjualan ponsel dan tablet (mobile device). Targetnya, Samsung Electronic Indonesia bisa menjual US$ 1,5 miliar tahun ini.

Untuk itu, perusahaan ini pun berencana membuka pabrik baru di Indonesia “Tahun 2012 ini, kami targetkan akan berkontribusi minimal 1% bagi pendapatan Samsung global dan menjadi penyumbang pendapatan nomor dua terbesar di wilayah Asia Tenggara,” tandas Iffan Suryanto, Consumer Electronics Business Director Samsung Electronic Indonesia saat peluncuran Samsung Smart TV terbaru, kemarin (26/4).

Tahun lalu, Indonesia baru meraup penjualan terbesar ketiga di Asia Tenggara. Indonesia juga baru berkontribusi sekitar 0,5% dari total pendapatan Samsung di seluruh dunia yang mencapai KRW 165 triliun atau US$ 145,2 miliar.

Hitungan kasarnya, penjualan Samsung di Indonesia sekitar US$ 726 juta. Dengan kata lain, Samsung hendak menggenjot penjualan dua kali lipat di Indonesia.

Oleh karenanya, kata dia, Samsung Electronic Indonesia berencana membangun satu pabrik di Indonesia di 2012 ini. Sayang, Iffan enggan merinci lebih lanjut rencana tersebut. Dia hanya memastikan Samsung akan melipatgandakan investasinya di Indonesia.

“Karena kita ingin melipatgandakan pemasukan Samsung Indonesia, maka investasi dari belanja modal yang ditanamkan Samsung Electronics pun akan dua kali lipat dari investasi di 2011,” ujarnya.

Andalkan pasar gadget

Dari total target penjualan itu, Samsung menargetkan penjualan mobile device di Indonesia menanjak ke US$ 1 miliar tahun ini. “Selama ini produk mobile device masih menjadi andalan dengan kontribusinya sebesar 65%-70% dari total pendapatan Samsung Indonesia," ungkap Iffan.

Samsung memang konsisten menggarap pasar ponsel dan tablet PC di Indonesia. Perusahaan asal negeri ginseng ini rutin meluncurkan produk baru.

Akhir pekan lalu, perusahaan baru membesut smartphone Galaxy Pocket yang berharga murah. Sedang pekan ini (28/4), Samsung Indonesia akan meluncurkan tablet terbaru Samsung Galaxy Tab 2 7" di 18 kota di Indonesia.

Saat ini, para pecinta gadget juga sedang menantikan ponsel terbaru Samsung yang dikabarkan memiliki fitur paling canggih. Ponsel bermerek Samsung Galaxy SIII itu bakal diluncurkan perdana di London pada 3 Mei mendatang. Sayang, Iffan masih bungkam ketika ditanya kapan produk itu bakal masuk Indonesia.

Selain mengandalkan ponsel dan tablet, Samsung juga memacu produk televisi. Pasalnya, Samsung menguasai pasar tv plasma di Indonesia. Pangsa pasarnya mencapai 49,6%. Sedangkan pangsa pasar televisi Samsung di dunia baru 25,8%.

Sang induk yakni Samsung Electronic, berhasil meraup penjualan KRW 45 triliun di kuartal I 2012. Angka tersebut tumbuh 21,95% dari penjualan periode sama setahun lalu yang sebesar KRW 36,9 triliun.

Untuk belanja modal sendiri, Samsung Electronics menyiapkan KRW 25 triliun. Sebanyak KRW 15 triliun akan digunakan untuk bisnis semikonduktor. Samsung juga akan menghabiskan KRW 6,6 triliun guna mengembangkan bisnis panel display yang meliputi bisnis LCD dan Samsung Mobile Display. n

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×